Petambang Manfaatkan Dasar Sungai Kering

petambang pasir luk ulo

KARANGSAMBUNG – Para penambang pasir manual di Sungai Luk Ulo kawasan pegunungan di Kebumen kini memanfaatkan dasar sungai yang mengering untuk menambang pasir. Dasar sungai yang mengering pun menjadi jalur mobil pengangkut pasir dan para pedagang pasir yang bersepeda motor keluar masuk areal penambangan.

Salah satu areal penambangan yang didatangi banyak penambang pasir manual berada di Desa Widoro Kecamatan Karangsambung Kebumen. Sejak pagi hingga sore puluhan warga menggali pasir di lokasi tersebut. Pasir yang terkumpul kemudian dijual kepada para pedagang yang jemput bola ke lokasi timbunan pasir dengan truk dan mobil bak terbuka mereka.

“Kami memanfaatkan dasar sungai yang mengering ini untuk menambang pasir dengan cara menggali, sejak setengah bulan lalu. Mumpung kemarau dan dasar sungai kering, kami menambang sejak pagi hingga sore. Bila penghujan kedalaman sungai bisa mencapai tiga meter yang tak memungkinkan kami menambang secara manual begini,” ujar salah satu penambang pasir di areal tersebut, Jarwo, warga Widoro, Selasa (27/10/2015).

Dengan modal sekop, ember dan ‘ayakan’ atau penyaring pasir berbentuk segi empat, setiap penambang bisa mendapatkan Rp 50 ribu sampai Rp 80 ribu/hari dari penjualan pasir mereka. Mereka mengakui pekerjaan itu cukup menguras tenaga mereka. Namun di sisi lain mereka bersyukur karena tak membutuhkan modal besar untuk pembelian mesin penyedot pasir beserta bahan bakarnya. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

2 comments

  1. Sangat di sayang kan kenapa masyarakat tidak memikirkan alam…. Kenapa alam yang begitu bagus di rusak dengan cara pengerukan pasir kenapa jln fikiran sempit sekali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s