Paus Seberat 3 Ton Terdampar di Pantai Lembupurwo

pausterdampar

MIRIT – Seekor hiu paus dengan panjang sekitar 13 meter dan memiliki berat tak kurang dari 3 ton terdampar di kawasan Pantai Desa Lembupurwo Kecamatan Mirit, Jumat pagi tadi (30/10/2015).

Sayangnya, tak banyak yang sempat menyaksikan keberadaannya, lantaran paus malang itu telanjur dipotong dan diambil dagingnya oleh warga setempat. Adanya paus yang terdampar di Pantai Desa Lembupurwo Kecamatan Mirit dibenarkan Kepala Desa Kecamatan Mirit, Bagus Wirawan.

Dihubungi kebumenekspres.com, tadi siang, Bagus mengatakan tak tahu persis kapan paus mendarat di pantai di wilayahnya tersebut. Namun berdasar informasi yang diterimanya, paus terdampar tak jauh dari obyek wisata Laguna Lembupurwo Mirit yang berada di pantai wilayah setempat.

“Paus terdampar di sebelah barat hutan cemara. Diperkirakan sekitar pukul 05.WIB-06.00 WIB, “katanya.

Sayangnya saat ditemukan, kata dia, paus sudah tak bernyawa lagi. Beberapa bagian tubuh paus yang memiliki nilai ekonomi seperti sirip sudah dipotong oleh para nelayan. Tak berapa lama kemudian, warga ikut beramai-ramai mengambil daging sehingga hanya tersisa bagian kepalanya saja.

Bagus cukup menyayangkan tindakan warga tersebut. Menurutnya, seharusnya ada banyak manfaat yang bisa diambil dari keberadaan paus di Pantai Lembupurwo.

“Adanya daging paus yang membusuk bisa memanggil ikan-ikan untuk datang mendekat ke pantai. itu bisa menguntungkan para nelayan. Selain itu, keberadaan paus juga akan bermanfaat bagi wisata dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung,” katanya.

“Sayang sekali pemerintah desa tak sempat menyelamatkan (paus) karena telanjur diambil potong warga. Tadi banyak pengunjung yang datang kesini kecewa karena bagian kepala paus yang tersisa sudah dikembalikan warga ke pantai,” ujarnya.(cah/ kebumenekspres.com /LintasKebumen¬©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s