Pantai Tegalretno Kehilangan Keasrian

tambak tegalretno

PETANAHAN – Salah satu pantai di Kebumen yang kini dipenuhi puluhan tambak udang adalah Pantai Tegalretno di Desa Tegalretno Kecamatan Petanahan Kebumen. Sejauh-jauh mata memandang pada bentangan lahan pesisirnya, hanya ada tambak-tambak udang semata. Nyaris tak tersisa sedikitpun lahan kosong di pantai yang semula merupakan obyek wisata tersebut.

“Kami terkejut saat tadi datang ke sini. Ternyata tak ada lagi pemandangan asri pantai yang beberapa tahun lalu sangat kami sukai. Saat ini di sini hanya ada tambak saja yang memenuhi bentangan pesisirnya yang dulu terlihat asri alami,” ujar warga Kelurahan Bumirejo Kecamatan/Kabupaten Kebumen, Yenni, saat berwisata di Pantai Tegalretno, Jumat (30/10/2015).

Menurut Yenni, saat duduk di bangku SMA beberapa tahun lalu dirinya kerap menyambangi pantai ini di hari-hari libur sekolah. Pantainya yang asri dengan pasirnya yang bersih ditambah bentangan lahan rumputnya yang hijau dipadu dengan deburan ombak lautnya, sangat indah bila ditatap dari kejauhan.

“Sebagai obyek wisata tempat ini benar-benar cantik alami. Dulu saya sangat suka berlama-lama di sini, karena aura pantainya bisa menyejukkan hati dan menenangkan pikiran. Namun keindahan alam itu kini benar-benar telah sirna,” ujar Yenni.

Sedangkan Dian, rekan Yenni, mengungkapkan kegundahannya atas perubahan total wajah Pantai Tegalretno saat ini. Banyaknya tambak selain membuat kawasan ini bertambah gersang dan panas, juga membuat hampir di semua sudut pantai terlihat kotor, terutama oleh sampah bekas wadah minuman dan makanan buatan pabrik. “Sebagai wisatawan kami kecewa dan rindu keasrian Pantai Tegalretno yang dulu,” ujar Dian. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen¬©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s