Murid SMK Purnama 2 Kenakan Pakaian Adat

pakaian adat

GOMBONG – Hari Sumpah Pemuda diperingati oleh SMK Purnama 2 Gombong dengan menggelar serangkaian kegiatan, Rabu (28/10). Salah satunya melaksanakan upacara dengan cara unik. Seluruh peserta upacara termasuk kepala sekolah, guru dan karyawan mengenakan busana adat dan baju bertemakan perjuangan.

Upacara itu juga dikemas dengan sebuah cerita lahirnya Sumpah Pemuda yang dibawakan para siswa. Yang menarik, kepala sekolah Sutopo HS ikut terlibat di dalamnya. Suasana makin semarak dengan penampilan aneka kreasi seni siswa seperti barongsai, kentongan, seni kerawitan dan pertunjukan musik serta tari perjuangan.

Rangkaian peringatan Sumpah Pemuda di sekolah beralamat di Jalan Kenanga Kemukus Gombong itu pun tak sekadar khidmat tapi sekaligus meriah. Tampak hadir Komite SMK Purnama 2 HD Sriyanto, KH Ahmad Riyanto beserta jajaran komite sekolah, Muspika Gombong dan mantan Wakil Bupati Kebumen Djuwarni.

Kepala SMK Purnama 2 Gombong, Sutopo HS menyampaikan, pihaknya sengaja membebaskan siswa dari kegiatan belajar di kelas dan khusus menggelar sejumlah kegiatan memeringati Sumpah Pemuda. Selain upacara, juga digelar lomba mewarnai bagi anak PAUD dan lomba menggambar bagi siswa TK/SD.

Juga lomba membungkus kado dan sejumlah permainan menarik bagi kaum ibu dan para wali murid. Adapun bagi siswa SMK Purnama 2 antara lain lomba geguritan dan baca puisi.

Teladani Pahlawan

Melalui peringatan itu, kata dia, pihaknya berharap para siswa dapat meneladani perjuangan para pahlawan dan pendahulu dalam menegakkan NKRI. Sekaligus mewarisi semangat persatuan dan kesatuan yang menjadi latar belakang lahirnya Sumpah Pemuda.

“Dengan semangat sumpah pemuda, kami berharap para siswa dapat terus mengembangkan kreatifitas dan terus berprestasi mengisi kemerdekaan sesuai dengan visi misi sekolah mencetak generasi cerdas dan berakhlak mulia,” ujar Sutopo HS kepada Suara Merdeka di sela-sela acara.

Komite SMK Purnama 2 Gombong HD Sriyanto berharap, peringatan sumpah pemuda meningkatan rasa patriotisme dan jiwa persatuan dan kesatuan para siswa beserta seluruh keluarga besar SMK Purnama 2 Gombong. “Dengan kegiatan semacam ini, kami berharap semangat Merah Putih terus menyala di dada para siswa,” kata Sriyanto. (J19-52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s