Guru Amerika Hadiri Bulan Bahasa di MAN 1 Kebumen

mansa

KEBUMEN – Peringatan Bulan Bahasa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kebumen tahun ini lain dari biasanya, karena dihadiri tamu Shafiya Ismail, guru bahasa Inggris asal North Carolina, Amerika Serikat, pada Selasa (27/10).

Perempuan yang bertugas di Indonesia tersebut lulusan North Carolina University, jurusan Public Health dan sekarang sedang menjalankan tugas dari The American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) untuk menjadi guru bahasa Inggris di MAN Karet Magelang selama sembilan bulan.

Shafiya mengajak para siswa MAN 1 Kebumen dan peserta lomba yang hadir terus rajin belajar, mencintai bahasa Inggris dan mencintai bangsanya sendiri yakni NKRI.

Kepala MAN 1 Kebumen Drs Mohamad Dawamudin MAg menjelaskan, mengisi peringatan Bulan Bahasa 2015, pihaknya mengadakan berbagai kegiatan. Di antaranya lomba paduan suara dan kultum antarkelas peserta didik MAN 1 Kebumen. Lomba dilaksanakan Selasa (27/10).

Cinta NKRI

Selain itu diadakan lomba pidato bahasa Inggris, lomba geguritan (puisi bahasa Jawa}, dan lomba Manga (Kartun Jepang) tingkat SMP dan MTs se Kabupaten Kebumen, dilaksanakan Selasa (27/10).

Kegiatan lain yakni kunjungan lapangan (field trip) ke Kampung Wisata bahasa Inggris, di Desa Adiluhur, Kecamatan Adimulyo, Kebumen. Menurut Dawamudin, tujuan peringatan Bulan Bahasa sekaligus untuk menyongsong hari Sumpah Pemuda 28 Oktober sehingga kegiatan ini untuk memperkuat semangat bela negara dan cinta Tanah Air atau NKRI.

Selain itu, juga sebagai ajang kreativitas para siswa di lingkungan MAN 1 Kebumen serta siswa SMP dan MTs se Kebumen. Di MAN 1 Kebumen kegiatan peringatan Bulan Bahasa rutin dilaksanakan tiap tahun karena merupakan satu-satunya MA yang memiliki jurusan bahasa, yaitu bahasa Jepang.

Di Kabupaten Kebumen ada empat MAN yaitu MAN 1 Kebumen, MAN 2 Kebumen, MAN Gombong dan MAN Kutowinangun. Dari hasil lomba yang dilaksanakan untuk lomba pidato bahasa Inggris juara I dari SMP Al Huda Kutosari Kebumen yaitu Haidar Rozan, juara II Rahma Zulfa dari MTsN Gombong.

Juara III Novian Rizki Perdana dari MTsN Kebumen 1. Untuk lomba Geguritan juara I Lulu Kamelia Setyabudhi dari MTsN Kebumen 1, juara II Irfinadari SMP VIP Al Huda Kebumen, juara III Ummu Khaeriyah dari SMP Muhammadiyah 1 Kebumen. (B3-52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s