Gempa 5,2 SR Bantul Terasa di Kebumen

gempa 5,2

KEBUMEN – Gempa bumi kembali mengguncang laut selatan pulau Jawa, Kamis (29/10/2015) sore. Pusat gempa berada 112 kilometer di barat daya Bantul atau 120 Km Tenggara Kota Kebumen dengan kekuatan 5,2 Skala Richter (SR).

Seperti dikutip dari akun twitter Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) @infoBMKG gempa terjadi di pukul 17.20 WIB dengan kedalaman 11 kilometer.

Gempa bumi di lepas pantai Purworejo tersebut dirasakan dalam skala II-III MMI ((lmodified mercalli intensity) di sejumlah kota seperti Bantul, Yogyakarta, Kulonprogo, Purworejo, Kebumen, Cilacap dan Gombong. Sejumlah netizen di sosial media twitter pun langsung menanggapi gempa bumi tersebut.

“Kebumen terasa,” ucap salah satu akun @goespray membalas kicauan @infoBMKG.

Sebelumnya, Rabu (28/10) gempa bumi berkekuatan 4,5 Skala Richter (SR) yang terjadi pada pukul 12:15 WIB di 110 Km Barat Daya Kota Kebumen Jawa Tengah pada kedalaman 20 Km menggetarkan pesisir selatan Kebumen.

“Cukup menarik bahwa episentrum gempa ini hanya 45 kilometer di sebelah timur episentrum Gempa kemarin,” kata pengamat Astronomi dan Geologi, Ma’rufin Sudibyo melalui akun facebooknya.

Ia mengatakan gempa tersebut sebaiknya menjadi pengingat bahwa di kawasan lepas pantai selatan pulau Jawa bagian tengah terdapat segmen yang memiliki potensi gempa kecil, gempa kuat dan bahkan gempa besar.

”Dan dengan karakteristiknya sebagai segmen di zona subduksi di dasar lautan, maka kawasan ini pun berpotensi menjadi sumber tsunami yang merusak,” katanya.

Menurutnya gempa-gempa kecil dan sedang, bermanfaat untuk mengurangi timbunan energi seismik atau kegempaan di segmen tersebut sekaligus bermanfaat untuk melatih kesiapsiagaan masyarakat akan gempa dan tsunami di pesisir selatan Jawa. (Rini /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s