Ganjar Akan Pertemukan Warga Sikayu

Ganjar Pranowo-yess

AYAH – Masalah warga Kabupaten Kebumen khususnya warga Desa Sikayu Kecamatan Buayan, yang ‘sambat’ Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo soal ganti rugi yang belum diterima dari PT Semen Gombong, dibenarkan Camat Buayan Supoyo.

Di depan Gubernur bersama warga Desa Sikayu saat ngopi bareng Kamis malam (29/10/2015), Camat Buaya mengatakan janji yang diberikan oleh PT. Semen Gombong itu sebetulnya sudah masuk dalam pokok pembahasan Amdal yang saat ini sedang dibahas di Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemprov Jawa Tengah.

Sutoyo berharap soal ganti rugi bisa segera diselesaikan agar operasional Semen Gombong di dua Kecamatan dan 10 desa di Kebumen, bisa segera dilakukan.

Menurut Sutoyo, sidang Amdal Semen Gombong sebenarnya sudah dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemprov Jateng pada Kamis (29/10/2015), dan sempat diwarnai aksi unjuk rasa warga Kebumen yang menolak didirikanya PT. Semen Gombong di Kebumen.

“Kami berharap sidang Amdal semen Gombong secepatnya bisa rampung, sehingga segera ada kepastian,” katanya.

Dua kecamatan yang warganya terdampak oleh proses berdirinya PT Semen Gomong itu adalah Kecamatan Buayan dan Kecamatan Rowokeling. Kemudian 10 desa yang berada di dua kecamatan itu diantaranya desa Sikayu, Nagaraji, Jogomulyo, Purbowangi, Jatiroto dan beberapa desa lainnya.

Kepada warga Kebumen Ganjar mengaku sempat bertemu dengan investor PT Semen Gombong. Mereka menyatakan segera akan memulai pembangunan konstruksi. Sekarang ini sedang dilakukan pembahasan Amdalnya. Semen Gombong tidak segera membangun karena pada 1998 lalu terjadi krisis ekonomi.

Terkait dengan janji PT Semen Gombong yang akan memberikan ganti rugi yang nilainya mencapai Rp 7 miliar kepada warga, Ganjar berjanji akan mempertemukan warga dengan pihak perusahaan. Ganjar berjanji akan menagih komitmen perusahaan tersebut agar ganti rugi segera diberikan. (Bdi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s