Duh, Dua RTH Tanpa Petugas Pengelola

alun-alun karanganyar

KEBUMEN – Renovasi dua ruang terbuka hijau (RTH) di Kebumen yaitu RTH Alun-Alun Karanganyar di Kelurahan/Kecamatan Karanganyar dan RTH Alun-Alun Kutowinangun di Kelurahan/Kecamatan Kutowinangun Kebumen telah direalisasikan tahun 2014 lalu, dengan biaya Rp 3 miliar lebih. Sayangnya, kedua RTH tersebut belum memiliki petugas perawat kebersihan, keindahan lokasi dan aneka tanaman.

“Akibatnya, perawatan kedua RTH itu pun kurang maksimal. Hanya beberapa kali dalam sebulan kami mengirimkan petugas dari kota Kebumen ke sana. Padahal di musim kemarau ini, tanaman di kedua tempat itu sangat membutuhkan penyiraman yang teratur,” ungkap Kabid Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kebumen, Marjono MM, di ruang kerjanya, Senin (26/10/2015).

Menurut Marjono dari pengalaman terkait pengelolaan kedua RTH tersebut, ditambah dengan studi banding DPU Kebumen ke kota Surabaya, belum lama ini, kini DPU Kebumen menyadari bahwa dalam membangun sesuatu ternyata tak cukup hanya mengandalkan perencanaan teknis
bangunannya saja.

“Pengalaman pembangunan kedua RTH itu benar-benar membuka wawasan kami bahwasanya suatu pembangunan seyogyanya disertai dengan perawatannya secara maksimal. Diantaranya, dengan mengangkat petugas yang bertugas merawatnya ditambah petugas keamanan untuk mengantisipasi perusakan taman dan bangunan oleh pengunjung,” ujar Marjono. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s