BP4 Kebumen Fasilitasi Penderita Asma Dan Diabetes

senam BP4

KEBUMEN – Kegiatan senam oleh puluhan orang di halaman depan Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru (BP4) Kebumen, Jalan Gelatik Kebumen, setiap Jum’at pagi, ternyata bukanlah kegiatan senam biasa. Melainkan kegiatan senam bagi penderita penyakit asma dan diabetes yang difasilitasi BP4 Kebumen.

“Mengingat pentingnya peran senam khusus ini bagi proses penyembuhan asma maupun diabetes, BP4 Kebumen sejak dua tahun lalu berupaya memfasilitasi penderita kedua penyakit itu untuk bersenam khusus ini setiap Jum’at pagi,” ujar instruktur senam asma dan diabetes, Riyanto, di halaman BP4 Kebumen, Jum’at (23/10/2015).

Riyanto, karyawan BP4 Kebumen yang bersertifikat pelatih senam asma dan diabetes dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah tahun 2012 lalu, dengan penuh kesabaran mengajarkan gerakan demi gerakan senam tersebut disertai dengan iringan musik dari kaset video. Diantaranya, gerakan untuk memperkuat bidang dada, perut, leher, tangan dan kaki.

Para peserta yang sebagian besar merupakan penderita asma dan diabetes dari beberapa kecamatan di Kebumen, dengan penuh semangat mengikuti petunjuk Riyanto. Senam dari pukul 07.30 sampai 09.00 itu dibagi dalam tiga sesi latihan dan setiap sesi diselingi istirahat selama lima menit. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s