1.000 Biopori di Alun-Alun, Kebumen Percantik Wajah Kota

biopori

KEBUMEN – Guna mengefektifkan fungsi ruang terbuka hijau (RTH) sebagai lokasi penyerapan air hujan secara maksimal, Pemerintah Kabupaten Kebumen di tahun 2015 mewujudkan pembuatan 1.000 buah biopori di taman Alun-Alun Kebumen.

“Guna menjaga ketersediaan air tanah di kota Kebumen kami berupaya memfungsikan RTH-RTH di kota Kebumen sebagai lokasi penyerapan air hujan.Sebagai langkah awal dari keinginan itulah kami membuat 1.000 biopori di Alun-Alun Kebumen pada Agustus 2015 lalu,” ujar Kabid Kebersihan dan Petamanan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kebumen, Marjono MM, di ruang kerjanya, Selasa (20/10/2015).

Terwujudnya pembuatan 1.000 biopori tersebut merupakan hasil kerja sama DPU dengan Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kebumen. Masing-masing biopori berdiameter 10 sentimeter dan panjang 1 meter. Pada bagian dasar biopori ditaruh sampah organik setinggi 30 sentimeter dan di permukaan atas diberi tutup plastik yang berlubang-lubang.

“Air hujan nantinya akan masuk melalui lubang-lubang tersebut. Sedangkan sampah organik akan menjadi kompos yang bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman di taman-taman kota Kebumen,” ujar Marjono.

Menurut Marjono pembuatan biopori dalam jumlah banyak di taman Alun-Alun Kebumen tersebut, untuk memberikan contoh nyata tentang metode sederhana peresapan air hujan kepada masyarakat.

Mengingat, kawasan Alun-Alun Kebumen merupakan ruang publik yang setiap harinya ramai dikunjungi warga masyarakat. Dengan melihat banyaknya biopori di lokasi itu, diharapkan warga masyarakat bisa tergerak mencontoh pembuatannya di lingkungan masing-masing.

“Mengingat dampak positip biopori dalam menjaga ketersediaan air tanah, kami merencanakan membuat biopori dalam jumlah banyak di taman-taman kota Kebumen lainnya di tahun-tahun mendatang. Lokasi yang dipilih adalah taman yang belum memiliki tingkat kerimbunan tanaman yang tinggi,” ujar Marjono. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen¬©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s