Rukma Setyabudi Tak Dihadirkan dalam Sidang

rukma

SEMARANG – Jaksa penuntut umum (JPU) pada Kejaksaan Negeri Kebumen diketahui tidak menghadirkan saksi-saksi Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi dan mantan Wakil Gubernur Rustriningsih dalam persidangan terdakwa Desi Akhiriyanto alias Bagong, mantan sopir Rukma.

Kedua saksi tersebut ada dalam pemeriksaan di berkas acara namun tidak ada panggilan untuk keduanya pada kasus dugaan korupsi dana bansos Pemprov Jateng 2008. JPU Trimo pun menyatakan dirinya hanya bertugas sebagai jaksa dan mengawal persidangan. Atas hal tersebut pihaknya mengacu pada petunjuk pimpinan.

“Semua yang menjadi petunjuk pimpinan itu yang dilaksanakan. Tugas saya selaku jaksa penuntut dalam persidangan ini. Kalau di BAP memang ada keterangan saksi keduanya tapi tidak ada petunjuk jadi tidak dilakukan pemanggilan,” ujar Trimo di sela persidangan di Pengadilan Tipikor Semarang, Senin (19/10).

Pada sidang dengan agenda pemeriksaan terdakwa Bagong dan Riyanto, mantan anggota DPRD Jateng tersebut, terungkap bahwa uang potongan dana bantuan sosial (Bansos) Pemprov itu diserahkan kepada Tarso yang menurutnya adalah staf fraksi PDIP. Meski Tarso disebut-sebut sebagai orang penting namun Bagong mengaku tak tahu pasti dimana rumah ataupun kantornya.

“Seringnya ketemu di parkiran, ambil dokumen atau serahkan uang ya di mobil di parkiran. Kalau rumahnya daerah Semarang Barat saya pernah antar tapi sampai di depan gang saja,” papar Bagong di hadapan majelis hakim yang diketuai Antonius Widijantono.

Hakim anggota Robert Pasaribu pun sempat menanyakan keberadaan Tarso apakah memang benar ada atau sekadar khayalan saja. Hal ini mengingat yang bersangkutan tak pernah dihadirkan dalam sidang ataupun dimintai keterangan.

Bagong pun membantah nama Tarso hanya sekadar khayalan, karena dirinya mendengar Tarso sudah meninggal di tahun 2012. Dan hal ini juga sudah diselidiki oleh aparat kepolisian. “Betul Yang Mulia ada nama Tarso tapi sudah meninggal. Saya tahunya dia meninggal baru tahun 2013 katanya sudah meninggal tahun 2012,” papar Bagong. (Modesta Fiska/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s