Produksi Melimpah, Perajin Tolak Garam Impor

pabrik garam

GOMBONG – Melimpahnya produksi garam kristal atau garam krosak dalam negeri/lokal, juga harganya yang rendah, menyebabkan para perajin pengolahan garam Kebumen menolak menggunakan garam kristal impor.

“Petani garam dalam negeri sekarang ini sedang panen raya. Produksi garam mereka di kemarau tahun ini, sangat melimpah. Alangkah kasihannya petani mereka bila kami memilih garam impor,” ungkap Suliyem, perajin pengolahan garam kristal di Desa Semanding Kecamatan Gombong Kebumen, di tempat usahanya, Senin (19/10/2015).

Suliyem selama ini menggunakan garam kristal Rembang dan Jepara sebagai bahan baku usahanya. Dirinya mendapatkan informasi bahwa selain jumlah panenan melimpah, harga garam lokal sepanjang kemarau 2015 ini hanya Rp 300,-/kilogram di tingkat petani dan Rp 500,-/pedagang.

Sedangkan di musim penghujan lalu Rp 1.000,- sampai Rp 1.500,-/kilogram. “Musim kemarau ini saya membeli langsung dari pedagang garam di Rembang dan Jepara. Mereka sanggup mengirim sampai ke sini dengan harga hanya Rp 500,- per kilogram,” ujar Suliyem yang seharinya membuat garam olahan 2,5 ton sampai 5 ton.

Suliyem mengaku pernah menggunakan garam impor Australia pada tahun 2011 lalu. Saat itu, produksi garam lokal sedang minim mengingat cuaca yang kurang mendukung produksinya.

“Perajin garam olahan saat itu kekurangan garam kristal sebagai bahan baku, sehingga terpaksa menggunakan garam impor yang harganya Rp 2 ribu/kilogram. Sebenarnya dari sisi rasa, garam impor kurang mantap, namun lebih putih dan bersih,” ujar Suliyem. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s