Perbaikan, Lalin Jalur Selatan Purworejo-Kebumen Tersendat

Ilustrasi

Ilustrasi

PURWOREJO- Sejak beberapa hari terakhir, arus lalu lintas di jalur selatan ruas Purworejo-Kebumen tersendat. Hal itu disebabkan adanya perbaikan jalan nasional di wilayah Kabupaten Purworejo, tepatnya di Kecamatan Kutoarjo dan Butuh.

Ratusan kendaraan terpaksa antre beberapa saat untuk dapat melintas bergantian. Berdasarkan pantauan lapangan, antrean parah terjadi saat perbaikan jalan dilakukan di Kota Kutoarjo. Pasalnya, lokasi perbaikan jalan berdekatan dengan traffic light Jembatan Kalianyar.

Akibatnya terdapat antrean kendaraan parah, utamanya saat siang dan sore hari. “Antrean kendaraan terjadi mulai Rumah Makan Muncul sampai perempatan Pasar Kutoarjo, berjarak sekitar setengah kilometer,” kata salah satu warga Kutoarjo, Purwandi (35), kemarin.

Dia menjelaskan, wilayah Kota Kutoarjo merupakan salah satu simpul kemacetan di Purworejo. Sebab, di wilayah tersebut banyak terdapat perempatan dan tempat penyeberangan jalan. “Saat kondisi normal saja, arus lalu lintas sudah sering macet. Apalagi ada perbaikan jalan yang mengharuskan kendaraan berjalan pada satu lajur saja,” jelasnya.

Warga lain, Ngadiman (29) menuturkan, kemacetan semakin parah, karena sejumlah pengendara sepeda motor nekat saling berebut untuk melintas melewati bahu jalan. Padahal sudah ada petugas yang mengatur arus lalu lintas menggunakan sistem buka tutup. “Tindakan itu sangat membahayakan pengendara lain yang melintas dari arah berlawanan, karena hanya satu lajur saja yang difungsikan,” ujarnya.

Dibiarkan Rusak

Dia menambahkan, jalan Purworejo-Kebumen merupakan jalan nasional yang selalu ramai pengendara. Jalan tersebut selalu padat kendaraan mulai pagi sampai malam hari.

Untuk itu, warga mengimbau kepada para pengendara untuk berhati-hati saat melintas di jalan tersebut,” katanya. Warga lain, Agus Widayat (37) mengatakan, perbaikan jalan hanya dilakukan di beberapa titik saja dengan cara menambah lapisan aspal. Sementara itu, beberapa titik lainnya masih dibiarkan rusak bergelombang.

Warga berharap agar perbaikan dilakukan secara menyeluruh agar semua jalan mulai perbatasan Kebumen-Purworejo hingga Purworejo-Yogyakarta bisa mulus. “Kualitas jalan akan mendukung laju perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 11 Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Provinsi Jawa Tengah hingga berita ini diturunkan belum bisa dikonfirmasi. (K42-32/ suaramerdeka.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s