Harga Melonjak, Petani Jeruk Nipis Aktif Ronda Tiap Malam

jeruk nipis

KLIRONG – Kemarau panjang menyebabkan harga jeruk monte dan nipis di desa-desa penghasil menjadi mahal dan menjadi buruan para pedagang. Namun mahalnya harga dua jenis jeruk ini mendorong para petaninya mewaspadai terjadinya pencurian jeruk di kebun mereka dengan aktif meronda kebun jeruk mereka tiap malam.

“Dengan harganya yang tinggi kami pun harus mewaspadai terjadinya pencurian di kebun kami. Sudah hampir seminggu ini setiap malam kami harus merondai kebun kami,” ujar petani jeruk monte dan nipis Desa Pandan Lor Kecamatan Klirong Kebumen, Darikun, di kebunnya, Rabu (14/10/2015).

Menurut Darikun kedua jenis jeruk ini menjadi buruan para pedagang mengingat di musim kemarau ini kualitasnya benar-benar bagus dan pedagang sanggup membeli dengan harga tinggi, jeruk monte Rp 1.000,-/kilogram dan nipis Rp 1.500,-/kilogram atau jauh lebih tinggi dibandingkan harga sebelumnya yang hanya Rp 500,-/kilogram untuk jeruk monte dan Rp 750,-/kilogram untuk jeruk nipis.

Sayangnya, kendati harganya tengah mahal namun jumlah buah yang siap petik masih terbilang sedikit. Sampai minggu kedua Oktober 2015 tiap pohon didominasi buah-buah muda yang baru bisa dipanen dua bulan mendatang. Selebihnya adalah buah muda yang baru siap panen sekitar 24 Oktober sampai 31 Oktober 2015 mendatang.

“Namun petani tak boleh lengah karena buah-buah muda yang baru siap petik 10 hari mendatang itu sudah laku dijual dan jadi incaran para pencuri. Bayangkan, bila dalam satu malam pencuri memetik 10 kilogram jeruk nipis muda mereka bisa mendapatkan uang Rp 150 ribu,” jelas Darikun.

Di sentra-sentra jeruk monte dan nipis di Kecamatan Klirong, seorang petani yang merawat tanaman jeruknya dengan baik rata-rata bisa memanen 3,5 kuintal jeruk per pohon di setiap musim panen panen raya yang jatuh pada bulan Desember sampai April.

“Padahal seorang petani jeruk biasanya memiliki ratusan pohon, sehingga pendapatandari jeruk sangat diandalkan petaninya,” ujar Nasim, petani jeruk monte di Desa Bendogarap Kecamatan Klirong kebumen. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s