17 Klinik Gunakan Nomor, RSUD dr Soedirman Jaga Privasi Pasien

RSUD Kebumen2

KEBUMEN – RSUD dr Soedirman kini tak lagi menampilkan klinik di ruang layanannya. Dari 17 klinik yang ada pun hanya terpampang nomor. Hal itu dilakukan untuk menjaga privasi pasien yang berobat di klinik tersebut.

“Yang tahu hanya pasien dan dokter,” kata Direktur RSUD dr Soedirman Kebumen Bambang Suryanto saat menerima kunjungan dari Komisi B DPRD Kebumen, Selasa (13/10).

Ikut menerima kunjungan wakil rakyat tersebut Kabid Pelayanan Medis Y Tri Prabowo, Kabid Penunjang Medis dan Non Medis Kusbiyantoro, dan Kasi Rekam Medis Rikamto. Hadir Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Kebumen Sudarmaji, Sekretaris Akhsin dan anggota Budi Puspita, Ermi Kristanti, dan Sri Susilowati.

Bambang mencontohkan klinik VCT yang melayani pasien yang terkena HIV/AIDS tidak ditunjukkan kepada umum. Dengan demikian, pasien yang datang pun tidak merasa canggung dan malu diketahui publik. RSUD dr Soedirman memiliki delapan bangsal, setiap bangsalnya terdapat 40 tempat tidur.

Untuk penunjang medis terdapat sembilan intalasi dan tujuh penunjang nonmedis. Termasuk tempat parkir, yang menurut Bambang akan dikelola seperti mal-mal, di mana menggunakan CCTV dan tinggal memencet saat hendak masuk. Bambang mengajak anggota Dewan meninjau langsung setiap bangsal yang dipenuhi pasien tersebut.

Rumah sakit yang dirancang kelas B itu sampai September 2015 terdapat rata-rata mondok mencapai 68 persen. Jumlah tersebut dipastikan meningkat hingga akhir tahun. Adapun pada 2014 mencapai 69 persen.

Motto Senyum

Untuk rawat inap pada tahun ini mencapai 45.687 hari, sedangkan 2014 hanya 48.854 hari. Rawat jalan sebanyak 92.359 pengunjung, sedangkan 2014 hanya 86.541 pengunjung. “Pelayanan terus mengalami peningkatan. Dan kita memiliki motto Senyum yakni Sigap Empati, Nyaman, Yakin, Unggul, Memuaskan,” imbuhnya.

Sekretaris Komisi B DPRD Kabupaten Kebumen Akhsin mengapresiasi peningkatan pelayanan di RSUD yang baru pindah 15 februari 2015 silam itu. Pihaknya berharap rumah sakit tersebut terus berbenah agar menjadi rujukan yang paripurna.

“Sehingga, pasien yang ditangani rumah sakit tersebut tidak dirujuk lagi ke rumah sakit lain,” tandas Akhsin.

Tri Prabowo menambahkan, RSUD dr Soedirman juga dilengkapi empat ruang VVIP yang disediakan fasilitas sofa untuk pengunjung, pantri, dan kamar mandi air hangat. Namun di tempat terdapat AC serta televisi seperti ruang lainnya berlaku tarif Perda lama Rp 159 ribu di luar pengobatan. (K5-52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s