Angkutan Umum Tolak Turunkan Tarif

 Sejumlah angkutan perdesaan melintas di pertigaan pejagoan, Kebumen, Rabu (19/11).(suaramerdeka.com/ Supriyanto)

Sejumlah angkutan perdesaan melintas di pertigaan pejagoan, Kebumen, Rabu (19/11).(suaramerdeka.com/ Supriyanto)

KEBUMEN – Kendati merasa bersyukur atas penurunan harga solar oleh Pemerintah dari Rp 6.900 menjadi Rp 6.700 per liter sejak 9 Oktober 2015, namun para pengusaha angkutan umum di Kebumen menolak untuk menurunkan tarif angkutan mereka, baik Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP).

“Walaupun kecil nilai penurunannya, namun kami tetap bersyukur. Tapi untuk tarif tetap, tak ada perubahan, karena penghematan dari penurunan itu sangat kecil, tidak signifikan,” ujar Ketua DPC Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kebumen, Ir Ngadino, di Sekretariat DPC Organda Kebumen, Minggu (11/10/2015).

Pengurus Organda Kebumen beserta sejumlah anggotanya sejak penurunan harga solar itu diumumkan oleh Pemerintah pada tanggal 7 Oktober 2015 lalu menurut Ngadino telah berusaha membicarakan kemungkinan adanya penurunan tarif angkutan mereka. Setelah dihitung, ternyata penurunan tarif justru bisa berefek merugikan mereka.

“Contohnya angkutan mikro bus jurusan Gombong – Purwokerto yang dalam seharinya membutuhkan solar 50 liter, berarti penghematannya hanya Rp 10 ribu saja. Bila tarif diturunkan, tentu bukannya penghematan yang diperoleh, melainkan kerugian. Apalagi pada saat sepi penumpang dan pemasukannya sedikit,” jelas Ngadino.

Meskipun tak ada penurunan tarif angkutan, DPC Organda Kebumen tetap menghargai itikad baik pemerintah tersebut yang telah memberikan peluang bagi pengusaha angkutan menyehatkan usaha mereka.

Bagaimana pun juga dampak kenaikan harga bahan bakar minyak termasuk solar pada November 2014 lalu masih menyisakan traumatis tersendiri bagi para pengusaha angkutan. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s