Waspada Tanah Longsor Paska Kemarau Panjang

tanah retak

KEBUMEN – Musim kemarau panjang yang membawa kekeringan parah di sejumlah daerah termasuk Kabupaten Kebumen turut menyimpan potensi bencana lain yang dapat terjadi ketika musim penghujan tiba. Yakni terbentuknya rekahan-rekahan tanah baru atau lebih besar di lereng-lereng perbukitan atau tebing.

Rekahan-rekahan tanah tersebut dapat meningkatkan potensi longsor lebih besar saat penghujan. Terlebih jika hujan turun dengan intensitas lebat yang berpeluang terjadi di masa peralihan musim atau pancaroba.

“Benar ada korelasi daerah yang mengalami kekeringan parah karena kemarau potensi longsornya lebih besar,” ujar praktisi instrumen kebencanaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Sani Tanaka dilansir dari Tempo.

Rekahan tanah membuat air hujan lebih mudah masuk dan membuat struktur tanah lebih labil sehingga mudah longsor. Sani menambahkan, untuk meminimalisir potensi longsor lebih besar akibat kemarau panjang ini masyarakat didorong segera menutup rekahan-rekahan tanah yang muncul

“Sebelum musim penghujan tiba sebaiknya sudah ditutup rekahan yang berbahaya,” ujarnya.

Musim penghujan di Kabupaten Kebumen diprakirakan akan terjadi pada awal bulan November mendatang. Prakiraan awal musim hujan itu mundur dari yang diprakirakan sebelumnya, yakni pada dasarian (10 hari, red.) ketiga bulan Oktober.

“Bulan Oktober ini ada hujan tapi tidak merata dengan intensitas sangat ringan karena faktor El Nino yang kuat. Bahkan hingga saat ini angin timuran yang bertiup di atas wilayah Jateng selatan masih cukup kencang,” kata Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap.

Sebanyak 16 kecamatan di Kabupaten Kebumen merupakan wilayah rawan tanah longsor. Di tahun 2014 kejadian tanah longsor menyebabkan Satiyem (80) warga Desa Krakal Kecamatan Alian meninggal dunia. Sepanjang musim penghujan tersebut tanah longsor juga merusak ratusan rumah warga baik di wilayah perbukitan utara maupun pesisir. (BS /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s