140 Keluarga Terima Bantuan 7.000 Itik

bantuan itik

KEBUMEN – Sebanyak 140 keluarga menerima bantuan 7.000 ekor bibit itik. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kabid Sosial Muh Rosyid yang mewakili Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Kebumen Dwi Suliyanto, barubaru ini.

Menurut Rosyid, bantuan tersebut dalam rangka penanganan kemiskinan di kabupaten berslogan Beriman ini. Selain bibit itik, bantuan yang diserahkan lainnya berupa 7.000 kilogram makanan dan 280 sachet obat itik.

‘’Bantuan tersebut agar warga miskin di Kebumen dapat meningkatkan kesejahterannya, sehingga bisa sebanding dengan warga lain,’’ kata Rosyid di selasela memberikan pengarahan kepada penerima bantuan di ruang pertemuan Kantor Disnakertransos Kebumen.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Kebumen Sudarmaji mengapresiasi Pemkab dalam hal ini Disnakertransos Kabupaten Kebumen yang telah membantu warga miskin. Kendati belum merata, bantuan tersebut diharapkan mampu mengurangi angka kemiskinan di Kebumen.

Menurutnya, bantuan itu sebagai salah satu terobosan Pemkab dalam pengentasan kemiskinan berbasis kewirausahaan. ‘’Masyarakat miskin memang butuh penghasilan tambahan. Sehingga sangat tepat jika diberi bantuan bibit itik,’’ jelasnya.

Campur Tangan

Mereka yang menerima bantuan tersebut juga bisa memanfaatkan potensi lokal untuk pakan itik, seperti bekatul, keong, bekicot, dan eceng gondok. Dengan bantuan tersebut, kata Sudarmaji, warga miskin bisa berwirausaha dengan menjual telur itik atau telur asin.

Diakuinya, butuh campur tangan dari pemerintah untuk membantu permodalan kepada masyarakat miskin agar mereka bisa berwirausaha. Setelah berkembang nanti mereka bisa mandiri.

Bahkan bisa membantu warga lainnya yang masih kesusahan. Sudarmaji pun masih berharap agar para lansia mendapatkan bantuan untuk memberi tambahan penghasilan.

Hal itu telah dilakukan oleh Disnakertransos dengan menyerahkan bantuan kambing kepada para manula. Bantuan tersbeut dinilai Sudarmaji tepat mengingat untuk budi daya kambing tidak memerlukan tenaga besar. (K5- 42/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s