Petani Rambah Lahan Miring

pepaya lahan

KARANGSAMBUNG – Merebaknya tanaman pepaya Calina di sejumlah kecamatan kawasan pegunungan Kebumen akhir-akhir ini, tak hanya merambah lahan-lahan datar di kawasan ini. Di sejumlah desa kebun-kebun pepaya baru ternyata mulai merambah lahan-lahan miring yang berisi tanaman keras. Namun tanaman-tanaman keras itu dihilangkan dan diganti sepenuhnya dengan tanaman pepaya.

Semula lahan milik ayah saya ini ditanami tanaman keras seperti mahoni dan albasia. Namun sejak ada warga yang berhasil menanam pepaya, puluhan mahoni dan albasia itu kami tebang dan diganti dengan tanaman pepaya,” ujar warga Desa Widoro Kecamatan Karangsambung Kebumen, Wartiyah, saat menyiangi rumput di kebun pepaya ayahnya, Kamis (01/10/2015).

Penggantian tanaman keras secara total dengan tanaman pepaya itu menurut Wartiyah semata-mata karena alasan ekonomi, karena penjualan kayu albasia dan mahoni dibutuhkan waktu minimal 5 tahun penanaman. Sedangkan bertanam pepaya bisa mulai panen saat berumur 6 bulan.

“Saat melihat lahan pepaya milik warga lain yang bersebelahan dengan lahan kami ini sebulan bisa panen beberapa kali, hati kami tergerak mengikuti jejak bertanam pepaya agar bisa sering mendapatkan pemasukan,” jelas Wartiyah di lahan 1.500 meter pesegi yang berisi 300 batang pohon pepaya.

Wartiyah maupun petani pepaya Widoro lainnya, Sartinem, menjelaskan bahwa saat mengganti tanaman keras mereka dengan tanaman pepaya mereka tak pernah memikirkan dampak lingkungan yang bisa terjadi pada lahan mereka.

Seperti, kemungkinan terjadinya longsor karena tak ada lagi perakaran kuat yang menahan tanah miring di lahan mereka. “Kami rasa penggantian tanaman ini tak masalah dan tidak berdampak longsor nantinya,” ujar Sartinem.

Terpisah, Ketua Forum Peduli Lingkungan (FPL) Kebumen, Ir Sunaryo, mengharapkan agar pembuatan perkebunan pepaya sebaiknya dilakukan di lahan datar. Bukan di lahan miring yang rentan terjadi tanah longsor bila penghujan tiba. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s