Panen Kacang Hijau Kurang Memuaskan

panen kacang hijau

KUWARASAN – Petani di sejumlah desa di Kabupaten Kebumen mulai masuki panen kacang hijau. Namun sayangnya hasil panen kacang hijau kali ini kurang memuaskan. Seperti yang di alami petani kacang hijau di Desa Jatimulya Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen.

Pada musim panen kali ini petani harus puas dengan hanya memperoleh sekitar 1 kwintal kacang hijau dalam bentuk polong dari lahan 100 ubin. Padahal pada tahun sebelumnya hasil panen cukup menggembirakan. Dari lahan 100 ubin petani bisa membawa pulang sekitar satu setengah kwintal kacang hijau dalam bentuk polong.

Menurut sejumlah petani, merosotnya hasil panen kacang hijau dikarenakan pada saat tanam kondisi tanah sudah sangat kering. Akibatnya pertumbuhan kacang hijau tidak bisa maksimal. Meski hasil panen kacang hijau merosot petani masih bersyukur karena harga jualnya sedang tinggi. Di tingkat petani harga kacang hijau mencapai Rp13.000 perkilogram.

Musim panen kacang hijau juga membawa berkah bagi para buruh petik di desa setempat. Pasalnya dalam sehari buruh petik bisa membawa pulang sembilan kilogram kacang hijau. Upah yang diterima buruh petik memang bukan uang melainkan bagi hasil kacang hijau yang dipanen. (RatihTV/ kebumenkab.go.id/ edit/ LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s