Limbah Tambak Udang Mulai Mengkhawatirkan

limbah tambak

KEBUMEN – Ratusan tambak udang di kawasan pesisir Kebumen pembuangan limbahnya mulai membahayakan lingkungannya. Limbah dari pengurasan kolam tambak telah mengakibatkan tanaman padi di sawah sekitarnya mati.

“Beberapa waktu lalu saat pendataan tambak udang di Kecamatan Klirong dan Petanahan kami mendapatkan informasi tentang limbah tambak yang dibuang ke pesawahan. Pada pembuangan pertama, kondisi tanaman memang
bertambah bagus. Namun pada pembuangan kedua tanaman padinya mati,” ujar Kabid Perizinan Tertentu Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Kebumen, Didik Prapti Astuti, di ruang kerjanya, Selasa (06/10/2015).

Dari temuan tersebut bisa disimpulkan bahwa limbah tambak tersebut akan membahayakan lingkungan bila dibuang terus-menerus secara sembarangan. Karena itu, Pemkab Kebumen meminta petambak membuat kolam khusus untuk
pengolahan limbah.

Menurut Didik limbah harus diolah agar terkonversi menjadi berbagai komponen yang aman bagi lingkungan. Bahkan, media padat hasil pengolahannyabisa dimanfaatkan sebagai kompos oleh petani sekitarnya.

Berdasarkan penjelasan sejumlah petambak udang di Desa Tanggulangin danJogosimo Kecamatan Klirong dan Tegalretno Kecamatan Petanahan Kebumen, setelah peristiwa pembuangan limbah yang mematikan tanaman padi, kini mereka menghindari pembuangan limbah ke sawah atau kebun.

“Kini kami membuang limbah tambak ke laut, karena di sini belum ada tempat pengolahan limbahnya,” ujar Misan, salah seorang pekerja tambak udang di Desa Tanggulangin.

Ratusan tambak udang di Tanggulangin, Jogosimo dan Tegalretno kini memenuhi hamparan lahan pantai di tepi Samudera Indonesia. Mengingat hamparan pantai sudah dipenuhi tambak, pembuatan tambak baru kini menyasar ke ladang palawija di tepi Sungai Luk Ulo. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s