Kemarau, Warga Wonosari Tanam Padi Mikongga

tanam padi

SADANG – Ditengah musim kemarau ekstrem yang melanda Kabupaten Kebumen sejak Juni lalu, warga Desa Wonosari Kecamatan Sadang justru menanam padi baru-baru ini. Jenis padi yang ditanam adalah varietas Mikongga dengan sistim jajar logawa di lahan seluas 200 ubin milik Awal Mundirin (45).

Dilansir dari laman kodim0709.com awalnya Awal Mundirin yang juga PPL Kecamatan Sadang merasa ragu untuk menanam padi dimusim kemarau. Namun berkat dorongan dan bantuan dari para anggota Babinsa Pos Ramil Sadang Koramil 07/Karangsambung akhirnya ia mencoba tanam padi dilahan miliknya.

Babinsa Desa Wonosari Pelda Suryono menjelaskan dalam pengairan sawah pihaknya mengambil air dari aliran Sungai Luk Ulo dengan cara membuat bendungan yang dibantu warga setempat guna mendapatkan oncoran yang cukup saat memasuki proses tanam.

”Kegiatan desa binaan kami terkait tanam tersebut baru dimulai saat ini dan berkat dukungan warga maka kegiatan tanam ini dapat terwujud,” katanya.

Lanjut Suryono, dipilihnya varietas Mikongga karena dinilai lebih unggul jika dibandingkan dengan varietas-varietas padi yang sudah ada. Disamping tahan hama jenis padi ini juga berumur masa panen pendek. Selain itu hasil berasnya pulen bahkan memiliki produktifitas yang tinggi. Padi jenis ini juga sangat cocok ditanam di iklim seperti Kecamatan Sadang.

”Bahkan jenis ini disinyalir tahan terhadap serangan hama wereng. Untuk luas satu hektare bisa menghasilkan 8,6 ton perhektar. Sehingga diharapkan dengan keunggulan tersebut para petani mau menanam padi jenis Mikongga,” ujarnya menjelaskan.

Desa Wonosari adalah sebuah desa di pegunungan utara Kabupaten Kebumen. Desa Wonosari termasuk desa yang dilintasi oleh Sungai Luk Ulo di bagian utara wilayahnya. Sedangkan bagian selatan desa ini berupa rangkaian perbukitan Sirangkok yang rawan bencana tanah longsor di musim penghujan. (BS/ edit/ LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s