Kebumen Masuk Lima Daerah dengan DP Bermasalah Terbesar

dpt

SEMARANG – Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2015, ternyata di Jawa Tengah ada 5 kabupaten/ kota yang memberikan kontribusi terbesar dugaan permasalahhan Daftar Pemilih (DP). Dari kelima daerah tersebut salah satunya adalah Kabupaten Kebumen dengan 6.887 kasus.

Kempat daerah lainnya adalah Kabupaten Wonosobo 8.555 kasus, Purworejo 8.158 kasus, Blora 7.395 kasus, dan Kabupaten Wonogiri 5.957 kasus. Sedangkan kabupaten/ kota yang paling sedikit dugaan permasalahan daftar pemilih, Kota Magelang sebesar 237 kasus.

“Bisa jadi jumlah dugaan permasalahan ini proporsional dengan jumlah pemilih yang ada di kabupaten/kota,” ujar Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah, Teguh Purnomo kepada wartawan di Semarang Kamis (1/10)

”Dari permasalahan tersebut sebagian telah diselesesaikan secara berjenjang ditingkat desa atau ditingkat kecamatan antara penyelenggara teknis dan jajaran pengawas,” katanya sembari menyampaikan bahwa terkait dengan daftar pemilih, tingkat kerawanannya cukup tinggi dan paling banyak dipermasalahkan oleh calon.

Rekomendasi rapat kerja nasional 15 provinsi di Indonesia yang difasilitasi Bawaslu Republik Indoneesia menegaskan, sebelum dilakukan penetapan daftar pemilih, semua permasalahan terkait daftar pemilih hasil pencermatan daftar pemilih sementara harus diselesaiakan terlebih dahulu, baru dilakukan penetapan. (Bdi/ KRjogja/ edit/ LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s