Jumlah Pemilih Menyusut 11.971 Orang

kpu pleno

KEBUMEN – Jumlah pemilih yang memiliki hak pilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 9 Desember 2015 mendatang berkurang hingga 11.971 orang dari daftar pemilih sementara (DPS) sebelumnya.

Berdasarkan Data Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen jumlahnya sebanyak 1.076.596 pemilih. Dari jumlah itu, diketahui ada 541.450 pemilih laki-laki dan 535.146 pemilih perempuan. Jumlah tersebut mengalami pengurangan sebanyak 11.971 pemilih dari DPS yang ditetapkan pada 2 September 2015 lalu, yakni sebanyak 1.088.567 orang.

Ketua KPU Kebumen, Paulus Widyantoro, mengatakan berkurangnya jumlah pemilih setelah dilakukan pencermatan ulang DPS hasil verivikas. Berkurangnya jumlah pemilih tersebut sudah berdasarkan proses saring data lewat sejumlah proses klarifikasi di lapangan.

“Berkurang karena ada yang data ganda yang sudah dihapus, ada yang sudah meninggal atau pindah, masih berada di bawah umur pemilih, anggota TNI/Polri dan lain sebagainya,” jelas Paulus, kemarin.

Adapun berdasarkan hasil verivikasi, jumlah pemilih terbanyak berada di Kecamatan Kebumen yang mencapai 101.313 pemilih. Meski ada pengurangan jumlah pemilih dalam DPT, Paulus menegaskan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) tidak berkurang.

TPS tetap tersedia di 2.385 lokasi di 460 desa/kelurahan yang tersebar di 26 kecamatan. Menurutnya, DPT yang sudah ditetapkan tersebut menjadi bahan untuk menentukan kebutuhan logistik Pilkada Kebumen.

Paulus menambahkan, KPU akan memasang by name DPT di tempat-tempat strategis di daerah masing-masing pada 12 Oktober mendatang. KPU menggunakan sistem aplikasi dalam sistem pendaftaran pemilih atau yang akrab disebut dengan Sidalih. Daftar Pemilih Tetap online dapat di akses di website KPU Kebumen.

“Selanjutnya jika masih ada pemilih yang belum terdaftar dalam DPT, masih dapat diakomodir untuk dicatatkan dalam tahapan DPTb-1,” imbuhnya.

Tahapan pendaftaran pemilih Daftar Pemilih Tambahan pertama (DPTb-1), kata dia, mulai 13-20 Oktober 2015. Pemilih yang tidak terdaftar sebagai pemilih dalam DPT tetapi memenuhi syarat sebagai pemilih dapat mendaftarkan diri sebagai pemilih kepada PPS dengan menujukkan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Paspor dan identitas lainnya. (ori/ Radar Banyumas /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s