Batik Bisa Dijadikan Sumber Penghidupan

batik rita

KEBUMEN – ‘Hidup Dari Batik dan Menghidupi Batik’ dijadikan tema Hari Batik Nasional 2015 tingkat Kabupaten Kebumen oleh para penggiat batik di Kebumen pada Jumat (02/10/2015). Selain diisi dengan pembagian selebaran yang berisi pemahaman tentang batik kepada warga masyarakat, juga dilakukan demo pembatik sekaligus pameran batik di sebuah toko swalayan di Kebumen.

“Khusus untuk memperingati Hari Batik Nasional 2015 ini Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagpas) Kebumen bekerjasama dengan Paguyuban Insan Peduli Batik Kebumen dan sebuah toko swalayan di Kebumen menyelenggarakan sejumlah kegiatan seperti pemberian selebaran tentang batik Kebumen kepada warga masyarakat yang ditemui di sejumlah tempat umum di Kebumen dan demo membatik di toko swalayan tersebut,” ungkap Kabid Perindustrian Disperindagpas Kebumen, Bambang Sunaryo MSi, di ruang kerjanya, Jumat (02/10/2015).

Menurut Bambang kendati kegiatan yang digelar tersebut cukup sederhana namun sarat makna mengingat didasari niat tulus dari para personil penyelenggara untuk melestarikan seni budaya batik sebagai warisan leluhur bangsa Indonesia.

Begitu pula halnya dengan tema yang dipilih yaitu ‘Hidup Dari Batik Dan Menghidupi Batik’ bisa diartikan bahwa batik bisa dijadikan sebagai sumber penghidupan dan warga masyarakat hendaknya berperan serta menghidupi atau melestarikan batik sebagai aset banga Indonesia.

Adapun demo membatik dan pameran batik khas Kebumen selama sehari penuh di sebuah toko swalayan Kebumen menurut Seksi Pembinaan Paguyuban Insan Pecinta Batik Kebumen, Cici Suwarso SH, merupakan sebuah upaya lebih mengenalkan batik Kebumen secara visual kepada warga masyarakat, khususnya para pengunjung toko swalayan tersebut.

“Dengan melihat langsung keindahan batik dan proses membatik oleh perajinnya, diharapkan masyarakat semakin tergugah untuk mencintai batik,” ujar Cici. (Dwi/ KRjogja.com LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s