Belum Ada Regulasi Denda Pengguna Miras

miras

KEBUMEN – Kendati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kebumen selama ini gencar melakukan razia peredaran dan penggunaan minuman keras. Namun uang denda yang berasal dari hukuman pengadilan yang dijatuhkan kepada para pelakunya harus diserahkan ke kas negara.

“Para pelaku kasus miras oleh pengadilan selain dihukum kurungan juga dikenakan denda uang. Meskipun dasar hukum penindakannya adalah Peraturan Daerah (Perda) Kebumen tentang minuman keras, namun yang mengeksekusi penarikan denda adalah jaksa yang kemudian menyetorkannya ke kas negara, bukan kas daerah,” ungkap Kepala Satpol PP Kebumen, RI Ageng Sulistyo Handoko SIP, di ruang kerjanya, Selasa (29/09/2015).

Menurut Ageng sampai saat ini belum ada regulasi mengenai bagi hasil antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terhadap perolehan denda tersebut. Aturan yang berlaku saat ini terkait uang denda kasus miras haruslah diserahkan ke kas negara. Adapun pembagian hasil antara Pemerintah Pusat dan Daerah hingga kini masih sebatas wacana, belum diproses menuju pembuatan regulasinya.

“Belum adanya aturan tentang bagi hasil terhadap perolehan uang denda penindakan kasus miras tersebut tidak masalah bagi kami, karena tugas kami di daerah adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat di daerah dalam hal penjagaan keamanan dan ketertiban umum,” ujar Ageng.

Menurut Ageng, terealisasinya tugas itu dengan baik tentu tak harus dikaitkan dengan perolehan dana untuk daerah. Apalagi Pemerintah Pusat sampai saat ini masih konsekuen memberikan alokasi dana perimbangan bagi daerah seperti Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) serta bagi hasil cukai tembakau. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s