Emban Kayu Masih Banyak Diminati

emban kayu

KLIRONG – Kendati demam batu akik di Kabupaten Kebumen sudah menurun, permintaan emban kayu ternyata tetap stabil. Bukan cuma emban saja, bahkan cincin kayu tanpa batu ternyata juga banyak peminatnya. Salah satu pengrajin emban kayu, Rahmat Satibi warga Desa Pandanlor Kecamatan Klirong mengatakan, demam akik memang sudah mencapai titik nadzir. Hal itu ditandai semakin jarangnya pesanan pembuatan batu akik. Namun, peminat emban kayu tampaknya tidak berkurang.

“Saya sendiri jarang menerima order gosok batu, Namun permintaan emban kayu tetap jalan,” paparnya.

Pria kelahiran tahun 1983 ini menuturkan, awalnya dia hanya berpikir untuk membuat emban dari kayu. Emban tersebut kemudian dipakainya sendiri. Tak disangka teman-temannya ternyata banyak yang menyukainya. Pesanan pun mulai mengalir.

Dalam pembuatanya, Rahmat masih mempertahankan cara tradisional.Kayu dipotong kotak-kotak, kemudian beri lubang dengan cara dibor sesuai dengan ukuran jari pemesan. Baru setelah itu kayu dibentuk sesuai dengan keinginan pemesan.

“Saya membuat secara manual, maka para pemesan harus sabar,” jelasnya.

Bagian selanjutnya adalah menghaluskan. Emban dihaluskan dengan diamplas secara manual, dari amplas yang kasar hingga amplas yang paling halus. Jika emban telah terbentuk, bagian tersulit adalah membentuk motif sesuai dengan keinginan para pelanggan.

“Meskipun kebanyakan pelanggan justru menyukai emban polos,” ujarnya.

Di proses akhir dari pembuatan, emban akan dipoles agar tampak mengkilap. Serat asli kayu akan muncul setelah pemolesan selesai. Pembuatan emban kayu memang memerlukan waktu lama, tidak lebih dari tiga emban yang mampu dibuat dalam seharinya.

Harga per emban dipatok dengan Rp 50 -70 ribu, tergantuang dari tingkat kerumitan pembuatanya. “Saya juga tetap menjaga kualitas produk yang saya buat,” ungkapnya.(mam/ kebumenekspres.com /LintasKebumenĀ©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s