Tempat Wisata dan Makanan Khas Kabupaten Kebumen

kebumen

Wisata Goa

1. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah. Goa ini terbentuk oleh alam selama ribuan tahun dan menjadi tempat berpetualang indah di perut bumi. Goa Jatijajar memiliki panjang jelajah 250 meter dan dalam 40 meter. Goa ini terletak 21 kilometer ke arah selatan Gombong, atau 42 kilometer arah barat Kebumen. Gua Jatijajar berada di kaki Kawasan Karst Gombong Selatan. Sebagaimana umumnya objek wisata lain di Indonesia, Gua Jatijajar menyimpan legenda. Kata yang punya cerita, Gua Jatijajar ini pada zaman dahulu merupakan tempat bersemedi Raden Kamandaka, yang kemudian mendapat wangsit. Cerita Raden Kamandaka ini kemudian dikenal dengan legenda Lutung Kasarung. Visualisasi dari legenda tersebut dapat dilihat dalam diorama yang ada di dalam goa itu.

2. Goa Petruk

Terletak 7 km selatan Goa Jatijajar atau berada di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah. Goa Petruk ini menurut catatan Doktor Koo, seorang pakar Goa dari luar negeri mengatakan, bahwa Goa Petruk ini merupakan Goa terindah di seantero Nusantara. Untuk itu, pakar Goa ini meminta pada Pemda Kabupaten Kebumen, agar Gua tersebut tetap dijaga kealamiannnya. Bahkan, untuk diterangi dengan listrik, juga tak diperkenankan. Namun pengunjung jangan khawatir, di sini tersedia Guide atau pemandu yang selalu siap mengantar disertai dengan peralatan lampu yang memadai.

3. Goa Barat

Goa Barat terletak di Desa Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah. Menurut warga sekitar nama Goa Barat berasal dari bahasa jawa yang berarti Goa Angin. Dan menurut sang juru kunci kenapa diberi nama Goa barat karena dari dalam goa selalu menghembuskan angin ke luar mulut goa. Angin kencang ini dalam bahasa Jawa disebut angin barat. Saat musim tertentu, angin barat sangat kencang sehingga menimbulkan suara berisik bahkan membuat pohon bambu di depan mulut goa bergerak tiada henti. Goa Barat memiliki banyak jeram dan air terjun. Bahkan saking banyaknya Goa Barat dijuluki Goa 100 Air Terjun. Salah satunya adalah Air Terjun ‘Supermen’s Big Sister yang memiliki ketinggian 32 meter. Nama tersebut disematkan oleh tim ekspedisi Indonesia-Prancis. Air Terjun lainnya adalah Air Terjun Jump Ulysess (8 meter), Takatsavone (8 meter) dan Sister Morphine (5 meter).

4. Goa Surupan

Goa Surupan terletak di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah. Goa Surupan sangat terkenal di kalangan pecinta alam dan para peneliti goa dari nusantara maupun mancanegara. Goa Surupan juga memiliki keindahan stalakmit maupun stalaktit seperti yang lainnya. Namun ornament goa di Goa Surupan sama indah dibandingkan ornament goa lain yang ada di Kebumen. Banyak ditemui hewan seperti kelelawar, srewiti, lawet, udang, pelus bahkan kura-kura endemik. Goa Surupan memiliki sebuah sungai bawah tanah yang deras serta beberapa kedung yang cukup dalam sehingga pengunjung harus menyediakan pelampung. Disini juga bisa ditemui beberapa air terjun di sepanjang goa. Goa Surupan memiliki total panjang yang telah dipetakan kurang lebih 478 m walau warga mengkalim bahwa panjang goa lebih dari 1 Km. Tingginya sekitar 10 m.

Wisata Pantai

1. Pantai Ayah

Pantai ini berada di Ayah, Kecamatan Ayah. Terletak 9 km dari Goa Jatijajar. Pantai ini berada di dekat muara Sungai Ijo. Wisatawan dapat menyewa perahu sambil menatap indahnya perbukitan. Pantai Ayah juga digunakan sebagai Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) sehingga wisawatan bisa membeli ikan dan menikmati sajian seafood di kawasan ini. Di sini dapat disaksikan matahari tenggelam yang mengagumkan karena pantai ini mengarah ke arah barat. Disini juga terdapat wisata hutan mangrove.

2. Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong terletak di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan. Nuansa pantai yang dipagari perbukitan yang asri dan lambaian pohon kelapa serasa menyejukkan hati. Pantai Karangbolong menyimpan berbagai keindahan. Di samping pantai yang menawan, Pantai Karangbolong juga menyimpan keindahan karang yang bolong (berlubang) dengan sarang burung waletnya.

3. Pantai Suwuk

Terletak di Tambakmulyo, Kecamatan Puring. Untuk menuju ke lokasi pantai, banyak jalur alternatif yang dapat digunakan. pantai ini terletak 22 km sebelah selatan Gombong dan dapat ditempuh sekitar 45 menit, terletak sekitar 35 km sebelah barat daya Kota Karanganyar dapat ditempuh lebih dari 1 Jam, dan terletak 50 km dari Kota Kebumen maka dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk menuju pantai suwuk. Bagi anda yang berasal dari arah timur yang kebetulan sedang melintasi jalan selatan-selatan atau jalan Daendels dari arah Yogyakarta dapat langsung lurus menuju pantai suwuk. Pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap serta wahana lain yang mendukung seperti kebun binatang mini dan Mini Water Boom.

4. Pantai Petanahan

Terletak di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan atau 17 km Barat daya Kota Kebumen. Dengan ombak besarnya, Pantai Petanahan memiliki daya tarik tersendiri. Di lokasi ini juga dilengkapi panggung terbuka bagi acara-acara seni rakyat. Selain itu juga terdapat hutan cemara udang yang rindang hasil kerjasama penghinjauan pantai antara Pemkab Kebumen dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Pantai petanahan juga merupakan pantai yang menjadi tempat bertelurnya penyu hijau.

5. Pantai Pasir

Terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah atau 24 km sebelah selatan Kota Gombong atau 7 km sebelah barat Pantai Karangbolong. Di balik keindahan alam yang memukau, Pantai Pasir diyakini masyarakat setempat sebagai pintu gerbang Istana Nyi Roro Kidul. Adapun pintu gerbang tersebut berupa batu karang yang seperti berujud beruang yang sedang minum air telaga. Di samping wisata alam pantai yang menawan, Pantai Pasir juga merupakan lokasi menarik bagi yang suka berbelanja hasil laut, karena Pantai Pasir juga merupakan tempat pelelangan ikan (TPI) utama Kabupaten Kebumen. Pemandangan di sekeliling Pantai Pasir merupakan perpaduan antara alam laut yang indah, pegunungan yang anggun serta wilayah pertanian dan pertambakan yang subur. Pantai Pasir dipercayai sebagai pintu gerbang Nyi Roro Kidul.

6. Pantai Lampon

Terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah atau 24 km sebelah selatan Kota Gombong atau 7 km sebelah barat Pantai Karangbolong. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Pasir. Pantai Lampon memiliki garis pantai yang pendek dan menyerupai teluk kecil. Pasirnya berwana hitam serta memiliki tebing karang di sisi barat dan timur. Sementara diatasnya terdapat Bukit Lampon untuk melihat pemandanan laut dari ketinggian. Di bukit ini juga digunakan untuk camping wisatawan.

7. Pantai Menganti

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Pantai ini memiliki karang terjal dan bukit disebelah timur serta tebing yang menjulang tinggi dibibir pantai sebelah barat. Pantai Menganti memiliki pasir putih yang menawan. Pantai ini juga sebagai Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sehingga kegiatan nelayan menjadi hal lumrah di pantai ini. Keindahannya memukau siapapun yang berkunjung ke Pantai Menganti. Perpaduan ombak, pasir putih, nelayan, bukit dan tebing hijau akan menghadirkan keindahan tersendiri. Di bagian barat Pantai Menganti terdapat tebing raksasa yang memanjang. Jika musim hujan tiba, Tebing tersebut akan mengucurkan air terjun. Tak tanggung-tanggung, terdapat empat air terjun disana.

8. Pantai Karangbata

Pantai Karangbata terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah atau di sebelah timur dari Pantai Menganti. Pantai Karangbata merupakan pantai yang sempit dan dihiasi batuan vulkanik purba yang berserakan di Tanjung Karangbata. Lokasinya yang sangat dekat dengan Pantai Menganti seringkali disebut sebagai Pantai Menganti. Pantai Karangbata biasa dinikmati dari gubuk-gubuk diatas bukit. Kerasnya ombak Pantai Selatan tidak menggoyahkan tebing karang yang tegar ini. Bentuk karang laut inilah yang membuat pantai ini disebut Tanjungbata karena bentuknya yang mirip batu bata. Secara geologi Tanjung Karangbata merupakan bekas gunung api purba. Hal tersebut ditandai dengan adanya sisa lava beku yang membentuk kekar kolom.

9. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron berada di Desa Srati, Kecamatan Ayah. Keindahan pantai ini terletak pada bukit hijau tinggi menjulang di bibir pantai yang cukup luas. Pantai ini dihiasi pasir hitam dan pohon kelapa yang rapat disepanjang pantai hingga keatas puncak bukit. Pantai Pecaron juga memiliki karang yang membatasi pasir dengan lautan sehingga ombak ganas pantai selatan bisa diredam seusai tiba ke bibir pantai. Ditempat ini juga disediakan wahan Camping Groud yang memadai. Pantai Pecaron masih sangat alami sehingga belum banyak terjamah wisatawan umum. Sementara diatas Pantai Pecaron terdapat Bukit Silayur dimana di tempat tersebut wisatawan bisa melihat Pantai Pecaron dan laut selatan dari ketinggian.

10. Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung terletak di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah. Pantai ini berada di sebelah timur Pantai Pedalen. Keindahan pantai ini terletak pada sebuah karang yang tinggi menjulang menjorok ke lautan. Pantai Karang Agung merupakan pantai berkarang sehingga tak banyak ditemui pasir pantai terlebih jika air laut pasang. Pantai Karang Agung memiliki panorama yang indah. Perpaduan birunya laut dan hijaunya pepohonan di sekitar pantai membuat pantai ini sangat istimewa. Pantai Karang Agung juga salah satu pantai paling alami dan bersih di Kabupaten Kebumen.

11. Pantai Sur Manis

Pantai Sur Manis atau Pantai Surumanis terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah. Terletak di barat Pantai Lampon dan sebelah timur Pantai Pecaron. Pantai Sur Manis memiliki pasir pantai berwarna hitam dengan garis pantai yang landai. Pantai ini masih sangat bersih dan alami. Pantai Sur Manis dipagari perbukitan yang hijau. Disini juga ditemui air terjun serta goa. Namun air terjun tersebut hanya dijumpai saat musim penghujan tiba.

12. Pantai Gebyuran

Pantai Gebyuran berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah. Pantai ini berada di timur Pantai Sur Manis. Pantai Gebyuran sangat kecil dan berupa ceruk diantara tebing perbukitan. Terdapat sebuah goa kecil dengan stalaktit dan stalakmit yang masih aktif. Untuk berwisata kesini akan dikenai sebuah paket wisata bersama dengan Pantai Pasir, Pantai Lampon, Bukit Lampon, Pantai Sur Manis, Goa Wora-Wari dan Tanjung Karang Penganten di Desa Pasir, Kecamatan Ayah.

11. Pantai Lembupurwo

Pantai Lembupurwo terletak di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit. Pantai ini berada di batas timur Kabupaten Kebumen yang berbatasan dengan Kabupaten Purworejo. Pantai Lembupurwo memiliki garis pantai yang panjang serta pasir yang berwarna hitam. Keunikan pantai ini adalah adanya Laguna serta Gumuk Pasir. Laguna yang membentuk danau air payah dibatasi hutan cemara yang rindang serta mangrove yang rapat. Pantai ini juga memiliki gumuk pasir yang masih aktif sehingga cocok untuk olahraga sandboarding.

12. Pantai Nogosari

Pantai Nogosari atau Pantai Sawangan berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Pantai ini berada di Teluk Nogosari dikelilingi tebing dan perbukitan terjal. Pantai ini merupakan muara dari Air Terjun Sawangan yang berada 150 meter di sebelah utaranya. Sehingga dikenakan paket wisata Sawangan Adventure untuk menikmati pantai ini bersamaan dengan Air Terjun Sawangan, Tanjung Nogosari, Goa Sarang Burung serta Goa Siwowo. Pantai ini memiliki pasir hitam keabuan dan berbatu. Pantai ini masih sangat alami.

13. Pantai Bocor

Pantai Setrojenar atau populer dengan sebutan Pantai Bocor berada di Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren. Pantai Bocor berada sekitar 10 km ke arah selatan dari pusat Kota Kebumen. Seperti pantai kebanyakan yang berhadapan dengan Samudera Hindia, deburan ombak ganas dan pasir hitam mengkilap akan menyapa pengunjung sesampainya di bibir pantai. Di tepi pantai ini juga berjejer warung-warung makan, cindera mata hingga kolam berenang untuk anak-anak. Jika mampir ke salah satu warung di sana jangan lupa mencicipi rempeyek undur-undur laut khas Pantai Bocor. Warga menyebutnya Peyek Yutuk. Sembari menunggu senja datang, berolahraga pantai atau menunggang kuda menjadi alternatif kegiatan di pantai ini.

14. Pantai Bopong

Pantai Bopong terletak di Dusun Bopong, Surorejan, Kecamatan Puring. Jarak Pantai Boponga sekitar 24 Km arah barat daya dari Kota Kebumen dan 20 Km tenggara Kota Gombong. Pantai Bopong berada di sebelah timur dari Pantai Suwuk. Pantai Bopong masih terlihat sederhana dan alami. Pantai Bopong memiliki pasir pantai hitam seperti pantai di Kabupaten Kebumen pada umumnya. Pantai Bopong merupakan satu dari tiga pantai yang dijadikan spot bagi penyu untuk bertelur dan berkembang biak. Pantai Bopong juga memiliki ombak laut yang ganas khas perairan pantai selatan. Sekira 150 meter di timur Pantai Bopong terdapat Laguna Sungai Gajah atau Laguna Bopong yang merupakan sebuah muara Sungai yakni Sungai Gajah yang berada diantara Pantai Bopong di Desa Surorejan dan Pantai Cliringsilongob di Desa Waluyorejo. Tak seperti Laguna Pantai Lembupurwo di Kecamatan Mirit yang luas. Laguna yang berada di sebelah timur Pantai Bopong ini tidak terlalu luas dan rindang. Namun, pemandangan khas laguna dengan laut selatan yang riuh dengan suara deburan ombak ganas menjadi harmoni alam yang indah.

15. Pantai Criwik

Pantai Criwik terletak di Dusun Criwik, Desa Tambakmulyo. Pantai Criwik tidak berbeda dengan wisata-wisata pantai di Kabupaten Kebumen dan pantai terdekatnya yakni Pantai Suwuk dan Pantai Bopong. Perbedaanya Pantai Criwik masih bersih dan alami. Pinggir pantainya nampak rindang oleh cemara udang yang tumbuh di sepanjang garis pantai. Fasilitas yang disediakan cukup bagus mulai dari warung makanan hingga Toilet.

Wisata Air

1. Arung Jeram Pedegolan

Arung Jeram ini menggunakan setengah dari panjang Sungai Padegolan yang merupakan sungai limpahan air di bawah Bendungan Wadaslintang. Ya, sungai ini berasal dari Waduk Wadaslintang. Jika anda petualang sejati, cobalah arungi tantangan ini dan raih kemenangan alami. Pemandangan sepanjang sungai terbilang indah dengan dipenuhi pepohonan. Karena air berasal dari Waduk Wadaslintang, membuat air sungai ini sangat jernih. Bahkan dasar sungai bisa terlihat. Titik start petualangan Arung Jeram Padegolan berada di PLTA Wadaslintang di Desa Sendangdalem dan akan berakhir di Bendung Pejengkolan yang masuk ke kawasan Jembangan Wisata Alam (JWA) di Desa Jembangan. Waktu yang tepat untuk ber-arung jeram adalah saat pertengah musim hujan karena debit air akan stabil dan airnya tak berbau.

2. Pemandian Air Panas (PAP) Krakal

Pemandian Air Panas (PAP) Krakal terletak di perbatasan Desa Krakal dan Kalirancang. Pemandian Air Panas Krakal menawarkan pengunjung untuk berwisata husada. Air hangat alami yang disediakan tempat ini dipercaya mampu mengobati penyakit kulit. Air panas yang cenderung hangat ini tidak mengandung belerang seperti umumnya. Hal tersebut karena air panas dihasilkan oleh aktivitas patahan Kedungbener bukan dari aktivitas Vulkanik atau Gunung Berapi. Disini pengunjung tidak akan menemui kolam berenang seperti pada umumnya melainkan berupa kamar mandi yang berjajar untuk satu orang. Fasilitas disini tergolong sangat baik. Fasilitas penunjang wisata sangat memadai disini.

3. Gading Splash Water (GSW) Pejagoan

Gading Splash Water (GSW) merupakan sebuah kolam renang buatan yang terletak di Desa Desa Pejagoan. Kolam renang ini masih dalam area pusat Kota Kebumen. Gading Splash Water (GSW) hanya berjarak 300 meter ke arah barat daya dari Alun-alun Kebumen. Ini adalah kolam renang yang di desain sangat artistik, ada pencampuran bangunan budaya barat dan timur. Sangat cocok untuk tempat hiburan dan pembelajaran keluarga, karena di dalamnya terdapat banyak fasilitas pendukung, dari area bermain anak, cafe, mini market, tempat fitnes yang modern, hingga area aerobic. Ini benar-benar rest area yang akan membuat tubuh fress, sehat dan menghibur.

4. Jembangan Wisata Alam (JWA)

Jembangan Wisata Alam (JWA) berada di Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno. Jembangan Wisata Alam (JWA) adalah obyek wisata yang mengandalkan sebuah waduk atau bendungan mini di Sungai Padegolan. Sungai yang merupakan saluran keluar dari Waduk Wadaslintang di bagian hulunya. Bendungan disini dinamai Bendung Pejengkolan atau biasa disebut Waduk Pejengkolan. Waduk yang tidak terlalu lebar ini menawarkan pemandangan telaga hijau dipadu dengan hutan yang masih alami sekelilingnya. Wahana yang ada di JWA diantara kebun binatang, perahu naga, perahu gowes, gazebo, dan kolam renang. Fasilitas pendukungnya seperti mushola, toilet, tempat parkir, rumah makan, warung dan arena bermain anak juga disediakan ditempat ini.

5. Kedungdowo Adventure Park (KAP)

Kedungdowo Adventure Park (KAP) terletak di Desa Kedungdowo, Kecamatan Poncowarno atau sebelah utara dari obyek wisata Jembangan Wisata Alam (JWA). Sama seperti Jembangan Wisata Alam (JWA) Kedungdowo Adventure Park (KAP)mengandalkan sebuah waduk atau bendungan mini di Sungai Padegolan. Sungai yang merupakan saluran keluar dari Waduk Wadaslintang di bagian hulunya. Bendungan disini dinamai Bendung Pejengkolan atau biasa disebut Waduk Pejengkolan. Waduk yang tidak terlalu lebar ini menawarkan pemandangan telaga hijau dipadu dengan hutan yang masih alami sekelilingnya. Pengunjung bisa menyewa perahu untuk menelusuri sudut-sudut waduk. Sealin itu terdapat taman, jembatan gantung, gazebo serta wahana flying fox. Wahana Flying Fox akan membawa pengunjung melintasi dari barat ke timur yang artinya akan melintasi Waduk Pejengkolan. Fasilitas pendukungnya seperti mushola, toilet, tempat parkir, rumah warung dan lainnya.

6. Langen Ujung

Langen Ujung juga disebut Ngalang Ujung atau Alang Ujung ini merupakan kolam alami yang berada di Dusun Buayan Barat, Desa Buayan. Lokasinya berjarak sekira 350 meter dari jalan raya Karangbolong – Gombong dan berjarak 8 Km dari Pantai Karangbolong kearah utara. Kedalaman kolam Langen Ujung tak terlalu dalam hanya sekira 1 meter sehingga aman untuk anak-anak. Airnya jernih jika musim kemarau datang. Saking jernihnya akan terlihat dasar kolam yang berupa bebatuan. Wajar saja pengunjung yang sebagian besar warga Buayan sangat antusias berenang bersama ikan-ikan kecil yang ada di kolam tersebut.

Wisata Waduk

1. Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang merupakan objek wisata yang cukup unik. Karena bendungannya berada di Kabupaten Kebumen dan sebagian besar genangan airnya masuk wilayah Kabupaten Wonosobo. Daerahnya berudara sejuk, dengan panorama alam pegunungan di sekitarnya yang begitu alami. Sehingga cocok sebagai tempat rekreasi bagi kawula muda maupun keluarga. [[Waduk Wadaslintang sangat cocok bagi yang berhobi memancing dan berkemah di alam bebas. Waduk Wadaslintang dibangun cukup lama, sekitar 7 tahun. Arealnya di lembah yang cukup curam tapi pemandangannya mengasyikkan.

2. Waduk Sempor

Waduk Sempor mencangkup Desa Sempor, Desa Kedungwringin dan Desa Tunjungseto. Lokasi bendungan berada di Desa Tunjungseto serta obyek wisatanya berada di Desa Sempor. Waduk Sempor merupakan bendungan pada daerah Sungai Cincingguling atau disebut juga Sungai Sempor yang mengalir dari timur laut ke selatan di Kaki Gunung Serayu Selatan dan bermuara di Samudra Hindia. Waduk Sempor ini berlokasi di daerah perbukitan bagian dari Pegunungan Serayu Selatan. Pemandangan air melimpah yang dibingkai dengan hijaunya pepohonan dan birunya cakrawala mampu memanjakan mata. Selain berada di wilayah perbukitan, waduk ini juga dikelilingi dengan ribuan pohon pinus. Udara di Waduk Sempor sangat sejuk. Selain daya tarik alamnya yang begitu besar, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung, antara lain wisma-wisma penginapan yang bisa disewa secara perorangan maupun rombongan.

3. Embung Cangkring

Embung Cangring berada di Desa Cangkring, Kecamatan Sadang. Embung yang bersebelahan dengan situs megalitikum Menhir Watu Tumpeng Tanggul Asih ini berada diatas perbukitan dengan ketinggian lebih dari 300 meter diatas permukaan air laut. Perbukitan ini memanjang dari barat ke timur tersebut berada diantara dua lembah yang dialiri dua sungai yaitu Sungai Luk Ulo dibagian utara dan Sungai Cangkring di bagian selatannya. Pemandangan yang disajikan tak usah diragukan lagi. Barisan perbukitan hijau nan rapi khas pegunungan menjadi pemandangan yang akan disajikan. Terlebih jika pada musim penghujan.

Wisata Sejarah

1. Benteng Van Der Wijck

Benteng Van der Wijck adalah sebuah benteng tua peninggalan Belanda di utara Kota Gombong. Saat ini benteng tersebut digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga & wahana permainan anak. Benteng ini tepatnya berada di Desa Sidayu. Benteng ini dibangun pada abad ke XVIII oleh Belanda untuk pertahanan, dan bahkan kadang-kadang untuk menyerang. Nama benteng ini diambil dari Van Der Wijk, nama yang terpampang pada pintu sebelah kanan, kemungkinan nama komandan pada saat itu. Mudah dicapai dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum 21 km dari Kebumen atau 100 km dari Candi Borobudur. Benteng ini kadang dihubungkan dengan nama Frans David Cochius (1787 – 1876), seorang jenderal yang bertugas di daerah barat Bagelen yang namanya diabadikan menjadi Benteng Generaal Cochius. Selanjutnya benteng pertahanan ini digunakan untuk sekolah militer, berikut adalah data teknis benteng:

  • Luas benteng atas 3606, 625m²
  • Benteng bawah 3606, 625 m²
  • Tinggi benteng 9, 67 m, ditambang cerobong 3, 33 m
  • Terdapat 16 barak dengan ukuran masing-masing 7, 5 x 11, 32 m

2. Roemah Martha Tilaar

Roemah Martha Tilaar berada di Jl. Sempor Lama, Kelurahan Wonokriyo, Gombong. Roemah Marta Tilaar merupakan rumah sejarah yang menyimpan kenangan seorang pengusaha kosmetik yang lahir di Gombong, Martha Tilaar. Roemah Martha Tilaar memberikan sumbangsih bagi masyarakat Gombong dan Kebumen melalui berbagai program, seperti sosial mangrove, pelatihan penanam obat dan kosmetik, kesehatan, serta kota pustaka. Berawal dari keinginan Ibu Martha Tilaar untuk memberikan kontribusi bagi Kota kelahirannya Gombong, maka inisiatif membangun Roemah Martha Tilaar ini dimulai.

Wisata Religi

1. Makam Syeikh Anom Sida Karsa

Makam Syekh Anom Sida Karsa Terletak di desa Grogol Beningsari di kecamatan Petanahan, Kebumen, yang berjarak sekitar 15 km dari kota Kebumen atau sekitar 6 km dari Pantai Petanahan.[4] Makam ini selalu ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah terutama pada malam Jumat, bulan Saban, dan bulan Muharram.

2. Makam Syeikh Abdul Awal

Makam Syeikh Abdul Awal terletak di desa Kebon Sari kecamatan Petanahan, tidak terlalu jauh dari makam muridnya Syeikh Anom Sida Karsa. Syeikh ini dulu bernama “Mangkurat Mas”, dari Yogyakarta, putra R. Pemanahan dari istri Padmi. Anak Ki Ageng Pemanahan ada 2 yaitu “Mangkurat Mas” dan “Mangkurat Kuning”.

3. Makam Syekh Abdul Kahfi Lemah Lanang

Makam Syekh Abdul Kahfi Lemah Lanang berada di Desa Sumberadi, Kecamatan Kebumen. Jarak antara Makam Syekh Abdul Kahfi Lemah Lanang dengan Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu adalah sekitar 1,6 km. Syekh Abdul Kahfi Al Hasani adalah pendiri Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu, dan konon merupakan orang pertama yang dimakamkan di perbukitan Lemah Lanang di Desa Sumberadi, Kecamatan Kebumen.

4. Makam Tumenggung Kalapaking

Makam Tumenggung Kalapaking atau Kolopaking berada di sebuah perbukitan kecil di Desa Kalijirek, Kecamatan Kebumen. Di bagian depan kanan ada sebuah bangunan cukup besar, namun pintunya terkunci dan tak ada tengara pada pintunya. Lalu ada makam bersisian, yang sebelah kiri bertulis “Rd. Ng. Mangoenatmodjo wafat pada 10 Oktober 1928”, dan di sebelahnya makam bertulis “Rd Ayu Mangoenatmodjo wafat pada 31 Juli 1932”. Kedua makam itu terbuat dari batu pualam, nisannya berbentuk bunga dengan lingkaran di tengahnya.

Wisata Air Terjun

1. Air Terjun Sudimoro

Air Terjun Sudimoro terletak di Dusun Kalikumbang, Desa Donorojo, kecamatan Sempor. Air terjun ini memiliki tiga undakan dengan total ketinggian hingga 35 meter. Air terjun Sudimoro memiliki formasi melebar sehingga air yang jatuh akan membentuk tirai air yang begitu mengagumkan. Air terjun ini juga memiliki debit air yang deras dan stabil terlebih jika musim penghujan tiba. Hal tersebut dikarenakan Curug Sudimoro terdapat di aliran Kali Putih yang berhulu di wilayah perbukitan pererbatan Kabupaten Kebumen dengan Banjarnegara. Curug Sudimoro dikelilingi bukit-bukit seperti Bukit Sigentong, Bukit Glagah, Bukit Cikini dan Bukit Sigandil sehingga pemandangan sekitarnya yang hijau sangat memanjakan mata. [7]

2. Air Terjun Silancur

Air Terjun Silancur terletak di Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, kecamatan Karangsambung. Air terjun Silancur memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan berada di kawasan Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung pada ketinggian 220 mdpl. Air terjun ini terlihat membentuk sebuah garis putih tinggi menjulang. Bersamaan, terdengar suara gemericik air. Tidak seperti air terjun pada umumnya yang memiliki penampungan air di bawahnya, air di Air Terjun Silancur jatuh menghantam batuan besar hingga menghasilkan percikan air yang segar. Jika terik matahari dalam keadaan sempurna, percikan air yang terbawa angin terlihat berwarna-warni seperti pelangi. [8] Debit airnya akan melimpah ruah di musim penghujan dan kerap kali dilanda banjir. Namun ketika musim kemarau debit airnya akan mengecil, meski tidak sampai kering.

3. Air Terjun Sawangan

Air Terjun Sawangan terletak di Dusun Nogosari Desa Karangduwur, kecamatan Ayah. Air terjun Sawangan memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan berada di kawasan Kawasan Karst Gombong Selatan. Air terjun ini unik dikarekana lokasinya yang berada di pantai selatan. Jaraknya hanya 150 dari pantai. Selain itu sumber airnya berasal dari sungai bawah tanah di dalam Goa Surupan. Jika dilihat bagian atas air terjun ini adalah mulut luar sebuah goa. Air terjun ini memiliki debit air yang stabil sedangkan di musim kemarau debit airnya akan mengecil namun tak akan kering. Dibawahnya terdapat kolam namun tak telalu lebar dan lebih didominasi bongkahan batu kapur dan pecahan dan gamping. Air terjun ini juga kerap disebut Air Terjun Pelangi karena kerap memunculkan pelangi dibawah air terjun jika matahari menyinarinya. [9]

Wisata Edukasi

1. Alian Butterfly Park

Alian Butterfly Park merupakan sebuah sebuah taman dan konservasi kupu-kupu di Desa Krakal, Kecamatan Alian. Alian Butterfly Park menyediakan beraneka jenis kupu-kupu yang dapat dilihat dan dinikmati keindahannya sekaligus dapat sebagai pembelajaran bagi para siswa untuk menambah pengetahuannya. Di taman yang berada tepat di depan Pemandian Air Panas (PAP) Krakal, Kecamatan Alian itu, pengunjung dapat menikmati cantiknya kupu-kupu. Selain bisa menikmati indahnya ratusan kupu-kupu yang beterbangan dan hinggap di pepohonan, pengunjung juga bisa melihat bagian dari proses metamorfosa kupu-kupu.

2. Taman Reptil Adiluhur

Taman Reptil Adiluhur merupakan taman reptil yang berada di Desa Adiluhur, Kecamatan Adimulyo. Taman Reptil Adiluhur memiliki koleksi seperti ular, biawak, buaya irian, buaya muara Kalimantan, kalong, landak, luwak, burung rajawali, monyet, elang, tegu atau kadal argentina, iguwana dan lainnya. Taman Reptil Adiluhur pun terintegrasi dengan Kampung Wisata Inggris dimana disini siapa saja bisa belajarberbahasa Inggris. Bahkan warga dari berbagai kalangan di setempah sudah pasif berbahasa Inggris dari yang awalnya tak bisa sama sekali.

3. Wisata Mangrove Logending

Wisata Mangrove Logending berada di Desa Ayah, Kecamatan Ayah. Wisata Mangrove Logending merupakan wisata edukasi untuk mengenalkan mangrove serta fungsinya kepada pengunjung. Hutan Mangrove tersebut berada di Sungai Ijo menjelang Muara Bodo. Pengunjung dapat menyewa perahu yang bisa memuat delapan orang termasuk pemandu dan nahkoda. Disini dapat dilihat hutan Mangrove yang rapar serta rindang. Hutan Mangrove tersebut digunakan sebagai rumah oleh berbagai jenis burung laut. Makan jangan heran kita akan melihat burung-burung berterbangan.

4. Geopark Karangsambung

Taman geologi atau Geopark Karangsambung merupakan sebuah taman geologi di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Kebumen, Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Di Kabupaten Kebumen, Geopark Karangsambung mencakup seluruh wilayah Kecamatan Karangsambung, Kecamatan Sadang, sebagian Kecamatan Karanggayam dan sebagian kecil Kecamatan Pejagoan serta Kecamatan Alian. Di Geopark Karangsambung terdapat sekitar 50 jenis batuan berusia 50 sampai lebih dari 100 juta tahun. Karangsambung menjadi bukti evolusi lempeng tektonik sejak lebih dari 120 juta tahun dan diyakini sebagai lantai samudera purba yang kini muncul di permukaan tanah.

5. Jemur Adventure Park (JAP)

Jemur Adventure Park merupakan wahana edukasi berkonsep outbond atau berpetualang dialam bebeas. Jemur Adventure Park terletak di Dusun Clowok, Desa Jemur, Kecamatan Kebumen. Lokasinya tak jauh dari pusat Kota Kebumen sehingga sangat mudah dijangkau. Jemur Adventure Park (JAP) adalah wahana outbond yang didirikan melalui program PNPM yang tergolong murah dan sangat terjangkau dengan semua permainan yang disediakan. Adapun fasilitas yang disediakan adalah great wall climbing, sliding rope, pelana crossing, traverse net, elwys walk, rail ways, kolam renang anak dan flying fox.

Makanan khas

1. Nasi Penggel

Nasi Penggel merupakan kuliner khas Kebumen yang disantap untuk sarapan. Nasi Penggel berupa nasi yang dibentuk bulat, seukuran bola pingpong. Biasanya disajikan dengan wadah daun pisang yang dibentuk pincuk, dengan sayur nangka muda berbumbu gurih dan kikil yang dimasak dengan bumbu kuning. Lauk pendampingnya ada tahu dan tempe mendoan. Harnya pun cukup murah, hanya Rp8 ribu satu porsinya. Namun sayang, kini hanya ada dua tempat di Kebumen yang menjual Nasi Penggel. Dua tempat tersebut di alun-alun Kebumen dan di Desa Tembana, Kecamatan Pejagoan, yang terletak 2 kilometer sebelah barat alun-alun Kebumen. Tidak diketahui secara pasti, kenapa hanya sedikit penjual Nasi Penggel. Padahal penikmatnya hingga kini masih terbilang cukup banyak. Jika ingin menikmati Nasi Penggel, Anda harus bangun pagi-pagi. Warung Nasi Penggel biasanya buka pukul 05.30 WIB, dan sudah ludes pada pukul 08.00 WIB.

2. Lanthing

Lanthing (kadang disebut klanthing), merupakan makanan ringan sejenis kerupuk yang terbuat dari singkong berbentuk angka delapan atau lingkaran kecil seperti cincin. Asal mulanya hanya mempunyai rasa yang gurih dan asin tetapi sekarang mulai muncul aneka rasa seperti asin pedas dan rasa keju. Rumah produksi Lanthing banyak dijumpai di beberapa desa di Kecamatan Kuwarasan, Kecamatan Adimulyo dan Kecamatan Gombong

3. Jenang Sabun

Makanan khas ini banyak di jumpai di sejumlah daerah di Kecamatan Petanahan. Rasanya manis dan khas, namun kini sudah mulai jarang. Bahan baku makanan ini ialah ketela pohon dan legen”. Legen atau nira adalah air hasil sadapan manggar pohon kelapa, yang merupakan bahan pembuat gula kelapa. Rasa Jenang Sabun ini khas, manis dan “buket” (Jawa). Saya sulit menjelaskan arti kata buket ini dalam bahasa Indonesia. Kalau masih baru, makanan ini liat dan sedikit kenyal, tetapi jika sudah agak lama, akan sedikit kaku. Awetnya jenang sabun karena kandungan gula jawa di dalamnya. Pembuat jenang sabun ini bisa dijumpai di Desa Munggu kec. Petan di Kecamatan Petanahan atau sekitar 1 km arah selatan Pasar Petanahan. Makanan ini masih dijual di dalam Pasar Petanahan. Menurut Jenang Sabun ini bisa tahan selama satu minggu dan jika ditaruh di dalam kulkas, bisa tahan berbulan-bulan.

4. Sale Pisang

Sale pisang adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama. Pisang sale ini bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu. selain itu, saat ini sale pisang mempunyai berbagai macam rasa seperti rasa keju. Saat ini, produksi pisang sale sudah menembus pasar internasional. Sale pisang merupakan produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan. Sale dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas. Rumah produksi Sale Pisang banyak dijumpai di beberapa desa di Kecamatan Kuwarasan.

5. Sate Ambal

Sate ambal adalah makanan khas dari daging ayam yang berasal dari daerah Ambal, Kebumen, Jawa Tengah. Yang membuat sate Ambal berbeda dari sate Madura adalah bumbunya. Bumbunya agak lebih encer, berwarna kuning tua dan sekilas terlihat seperti kuah masakan Padang. Dan istimewanya, bumbu ini dibuat dari tempe yang dihancurkan hingga halus. Cita rasanya manis-pedas-gurih dengan aroma keharuman rempah yang menggugah selera. Tempenya memang tidak terasa lagi.

6. Soto Petanahan

Soto petanahan tentu saja berasal dari Kecamatan Petanahan. Soto ini sungguh berbeda dengan soto daerah lain. Rasanya yang khas membuat soto petanahan sangat digemari masyarakat pada umumnya. Soto petanahan berisi ketupat, toge hijau, suwiran ayam kampung dan kuah yang gurih. Namun soto ini belum setenar soto Bandung maupun soto daerah lainnya. Pedagang soto petanahan banyak dijumpai di sejumlah desa di Kecamatan Petanahan. Adapun penjual yang sudah sangat kondang yaitu soto petanahan Pak Kored yang berlokasi diselatan pasar petanahan.

7. Soto Tahu

Makanan khas yang satu ini sekarang sudah sangat jarang dijumpai, bahkan makanan ini hanya tenar di Kecamatan Petanahan. Jika dilihat dari namanya mungkin terlihat biasa saja. Namun begitu anda mencobanya anda akan merasa ketagihan. Soto ini terbuat dari tahu, engkol, toge dan tahu kebumen yang khas. Kemudian bahan-bahan tersebut disiram kuah sambel kacang panas. Rasanya yang segar dan pekat sangat cocok dinikamati saat siang hari. Makanan ini tidaklah disajikan direstoran mewah namun di pedagang kaki lima atau Penduduk Kecamatan Petanahan menyebutnya Bango. Bango yang dimaksud adalah semacam rumah berjualan terbuat dari bambu dan sederhana.

8. Soto Kasaran

Soto Kasaran atau Soto Tamanwinangun merupakan makanan khas yang berasal dari Keluarahan Kelurahan Tamanwinangun di selatan Kota Kebumen. Soto Kasaran tidak seperti kebanyakan soto yang menggunakan daging ayam, kambing ataupun sapi, Soto Kasar sendiri menggunakan daging entok atau Itik Serati. Soto ini berkuah santan dengan pelengkap kol, tauge, bihun dan perkedel singkong. Lalu bahan-bahan tersebut diguyur kuah panas. Salah satu yang paling terkenal adalah Soto Pak Darsum yang saat ini resepnya telah diwariskan kepada anaknya.

9. Jipang Kacang

Jipang Kacang merupakan makanan cemilan khas Kebumen. Makanan cemilan tersebut sudah diproduksi sejak nenek moyang. Rumah produksi Jipang Kacang bisa dijumpai di di Kelurahan Kelurahan Panjer dan Desa Desa Kalijirek di Kecamatan Kebumen dan Desa Karangkembang. Para perajin masih mengerjakan proses pembuatan jipang kacang secara tradisional. Bahan membuat jipang kacang yakni, gula merah, dan minyak sayur. Kacang terlebih dahulu disangan (dimasak) menggunakan pasir. Setelah itu dikupas kulitnya. Proses masak selanjutnya dicampur dengan gula merah dan minyak sayur. Setelah itu, diaduk-aduk hingga merata.
10. Makanan khas Lainnya

Makanan khas lainnya yang ada di berbagai wilayah di Kabupaten Kebumen diantaranya:

  1. Obang-Abing
  2. Serabi Kebumen
  3. Tahu Kemitir
  4. Golak
  5. Empog- Empog
  6. Kethek
  7. Lenthis
  8. Thepleng Peyet

Sumber: Wikipedia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s