Antisipasi Teror, Senjata Api Polisi Diperiksa

pistol

KEBUMEN – Mengantisipasi kemungkinan terjadinya aksi teror menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) di wilayah Kebumen, Polres Kebumen melakukan pemeriksaan senjata api (senpi) bagi anggotanya. Pemeriksaan digelar di depan Ruang Satuan Sabhara Mapolres Kebumen, baru-baru ini.

Sebanyak 70 pucuk senpi organik inventaris Polri yang dipegang para perwira dan brigadir personel dari jajaran Polres Kebumen dilakukan pemeriksaan dari Propam dan Siwas Polres Kebumen.

Pemeriksaan senjata api dilakukan setelah apel pagi oleh Propam dan Siwas. Pemeriksaan meliputi keberadaan, kondisi senjata api, peluru yang digunakan, serta surat izin masa berlakunya penggunaan senjata api.

Kapolres Kebumen AKBP Faizal mengatakan, pengecekan senpi tersebut juga sebagai kontrol kelayakan senjata api guna pendukung anggota Polri dalam menjalankan tugas di lapangan. Hingga usai pemeriksaan senpi, Propam dan Siwas tidak menemukan pelanggaran maupun penyimpangan yang dilakukan anggota yang memegang senpi.

Periksa Tampang

Sebelumnya, Propam Polres Kebumen melakukan pemeriksaan surat-surat, seragam, kerapian serta kelengkapan personel Polres Kebumen. Pemeriksaan yang dilakukan usai apel pagi itu dilakukan untuk meningkatkan disiplin seluruh personel Polres Kebumen.

Adapun pemeriksaan meliputi sikap tampang, kelengkapan surat-surat yang dimiliki personel Polres Kebumen, seperti kartu anggota, kartu senjata api bagi pembawa senjata api, surat kendaraan seperti SIM, STNK, KTP serta surat kelengkapan lainnya.

“Sengaja kami melakukan pemeriksaan surat-surat serta kelengkapan kendaraan para anggota Polres Kebumen. Ini karena sesuai dengan instruksi pimpinan, sebelum polisi memeriksa ke masyarakat,” jelas Kasi Propam Iptu Sapto Wahono meyebutkan dari hasil pemeriksaan surat-surat dan kelengkapan tidak ditemukan pelanggaran yang menonjol hanya ada beberapa anggota yang disarankan merapikan rambut.(J19-52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s