KPAD Gelar Pemutaran Film Pendek Karya Pelajar Kebumen

kedung

KEBUMEN – Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Kebumen melaksanakan kegiatan pemutaran dan diskusi film karya pelajar Kebumen dengan nama program Sinema Kedung.

Kegiatan yang terselenggara berkat kerja sama dengan Komunitas Kedung, Dewan Kesenian Daerah Kebumen, Roemah Martha Tilaar ini dilaksanakan mulai Jumat 25 September sampai 4 Oktober 2015 setiap pukul 15.00- 17.00 WIB.

Pemutaran perdana dilaksanakan hari Jumat, 25 September 2015 dengan memutar 2 film yaitu Jenitri dan Senandung Jamjaneng yang merupakan film karya pelajar Kebumen dibawah asuhan Komunitas Sankanparan Purwokerto yang berhasil meraih banyak penghargaan.

Film yang diputar berjenis film dokumenter yang sudah mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya nominasi Festival Film Dokumenter Jogja 2014, Juara 2 dan Sinematografi Terbaik UI DocDays 2014 , Juara 2 Festival Film Pelajar Jogja 2014, Film Dokumenter Terbaik, Sutradara Terbaik, Sinematografi Terbaik dan Editor Terbaik Youth Sineas Award 2015 di Bali.

Pemutaran film perdana ini dihadiri oleh budayawan sekaligus Anggota Dewan Pakar DKD Kebumen, Achmad Mardjoeki dan KPAD diwakili Kasubag TU Dra Seha Rahayu, MM, tim Komunitas Kedung dan perwakilan Roemah Martha Tilaar Sigit Tri Prabowo.

DKD Kebumen mensupport kegiatan ini karena kegiatan seperti ini selain melestarikan dan mengenalkan budaya Kebumen juga sekaligus mengapresiasi kreativitas generasi muda khususnya pelajar Kebumen.

Setelah pemutaran 2 film dilanjutkan dengan diskusi dengan menghadirkan sutradara Jenitri dan beberapa pemeran film. Kapasitas ruang 50 peserta terisi penuh bahkan panitia menolak beberapa pendaftar karena ruangan yang tersedia tidak mencukupi.

Kepala Kantor KPAD Kebumen, Dra Rohmah Hidayati mengatakan, pihaknya memfasilitasi kegiatan ini karena KPAD berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini akan memunculkan bibit baru sineas muda Kebumen yang mampu menghasilkan karya terbaik sehingga mampu mengharumkan nama dan budaya Kebumen di tingkat nasional.

“Tindak lanjut kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan workshop pembuatan film pendek untuk masyarakat umum khususnya pelajar dan mahasiswa,” katanya.

Menurut Ketua Komunitas Kedung, Puput Juang Restu Aditia untuk pemutaran film berikutnya adalah film Kampung Tudung, Gula Jawa Kalipoh, Batu Bata Merah, Goresan Canting Gemeksekti, Ndolalak dll yang juga pernah meraih berbagai penghargaan.(kebumenekspres.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s