Dua Jemaah Haji Meninggal Dunia

Ilustrasi Jamaah Haji (Photo: Antara)

Ilustrasi Jamaah Haji (Photo: Antara)

KEBUMEN – Dua calon jamaah hasil asal Kabupaten Kebumen dikabarkan meninggal dunia di tanah suci. Bukan karena tragedi Mina, tetapi keduanya meninggal saat melakukan wukuf di Arafah, Rabu (23/9) lalu.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Muh Nasir mengatakan, kedua jamaah yang meninggal yakni Salimi Mad Tayib Manraji (78), warga Desa Tanggulangin, Kecamatan Klirong. Salimi meninggal dunia sekitar pukul 13.45 Waktu Arab Saudi (WAS).

Jamaah calon haji yang meninggal lainnya yakni Sri Titi Sumaryati Binti Siswosunardjo (56), warga RT 02 RW 03 Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen. Almarhumah meninggal di hari yang sama pada pukul 19.45 waktu setempat. “Keduanya tergabung dalam kelompok terbang 37,” terang Muh Nasir, Jumat (25/9).

Menurutnya, jasad kedua jamaah sudah dimakamkan di tanah suci. Muh Nasir berharap tidak ada lagi jamaah haji asal Kabupaten Kebumen yang meninggal. Sehingga dapat kembali ke kampung halaman dengan selamat.

Ia mengungkapkan, kloter 37 seluruhnya berisi jamaah asal Kebumen yang diberangkatkan oleh Penjabat Bupati M Arief Irwanto dari halaman Pendopo Bupati pada 3 September 2015 lalu pukul 03.00. “Yang lain Alhamdulillah dalam kondisi sehat. Termasuk tidak ada jamaah haji asal Kebumen yang menjadi korban pada tragedi Mina kemarin,” ungkapnya,

Salah satu jamaah haji asal Kebumen, Suratno membenarkan belum ditemukan adanya jamaah asal Kebumen yang menjadi korban pada tragedi Mina yang menewaskan ratusan jamaah.

Melalui pesan BlackBerry Masanger, pria yang juga Ketua Panitia Pengawas Kabupaten Kebumen itu mengatakan, jamaah asal Kebumen tidak turut menjadi korban karena memang belum jadwalnya melakukan wukuf di Arafah.

“Aman, kejadiannya sesaat setelah saya lewat. Setelah lempar jumrah aqabah yang pertama. Umumnya warga negara Yaman, Afrika, dan negara lain yang menjadi korban,” kata Suratno, melalui pesan BBM.

Suratno, meminta doa dari masyarakat Kabupaten Kebumen, agar proses ibadah haji di tanah suci berjalan lancar. Serta dapat kembali ke kampung halaman dengan selamat.

Untuk diketahui, jumlah jamaah haji asal Kabupaten Kebumen pada musim haji 2015 mencapai 865 jamaah yang dibagi dalam empat kloter yakni kloter 36, 37, 38 dan kloter 74. Seluruh jamaah diberangkatkan sejak 2 September lalu.

Mereka dijadwalkan akan kembali ke tanah air mulai 11 Oktober 2015 dan akan tiba di Kebumen sehari kemudian, mulai 12 Oktober 2015 pukul 19.25 WIB untuk kloter 36. Untuk kloter 37 akan sampai di Kebumen dijadwalkan pada 13 Oktober 2015 pukul 11.55 WIB. Sedangkan kloter 38 tiba di Kebumen pukul 03.55 dini hari. (ori/sus/ Radar Banyumas /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s