Di Kebumen, KA Joglokerto Masih Sepi Peminat

ka

KEBUMEN – Kereta Api (KA) Joglokerto jurusan Solo-Jogjakarta-Purwokerto pergi pulang (PP) resmi beroperasi sejak Jumat (25/9) kemarin. Di Kebumen, kereta api jarak pendek ini melayani penumpang di dua stasiun, yaitu Stasiun Gombong dan Kebumen. KA Joglokerto merupakan perpanjangan rute KA Joglo Ekspres yang selama ini melayani rute Solo-Jogjakarta PP.

Pada hari pertama peluncuran, penumpang yang naik dan turun di Stasiun Kebumen masih terlihat lengang. Belum banyak warga yang memanfaatkan layanan kereta api kelas ekonomi komersil tersebut. Hanya belasan orang yang naik. Sepinya penumpang itu, diduga, karena masih banyak warga Kebumen yang belum mengetahui ada kereta baru dengan jarak pendek tersebut.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono mengatakan KA Joglokerto berangkat dari Solo menuju Jogjakarta atau Purwokerto pukul 06.15 WIB. Kemudian diberangkatkan dari Jogjakarta pukul 07.19 WIB. “Akan tiba di Purwokerto pada pukul 10.01 WIB,” kata Surono.

Selanjutnya, kata Surono, KA Joglokerto akan diberangkatkan dari Purwokerto menuju Jogjakarta atau Solo pukul 10.38 WIB, berangkat dari Jogjakarta pukul 13.46 WIB, dan tiba di Solo pukul 14.46 WIB. Dalam perjalanan Solo-Purwokerto pp, KA Joglokerto berhenti di Stasiun Kroya, Sumpiuh, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Jenar, Wates, Jogjakarta, Lempuyangan, Klaten, dan Purwosari.

Untuk dari arah timur, KA ini tiba di Stasiun Kebumen pada pukul 08.43 WIB, diberangkatkan menuju Purwokerto pukul 08.45 WIB. Kemudian tiba di Gombong pukul 09.01 WIB, berangkat Purwokerto pukul 09.03 WIB.

Sedangkan, kedatangan KA Joglokerto dari Purwokerto di Stasiun Gombong pada pukul 11.46 WIB, diberangkatkan pukul 11.48 WIB. Selanjutnya, tiba di Stasiun Kebumen pukul 12.04 WIB, dan berangkat menuju Solo Balapan pada pukul 12.06 WIB.

Menurut Surono, KA Joglokerto menggunakan sistem tarif batas bawah dan batas atas seperti KA ekonomi komersial lain. Tarif batas bawah untuk jarak Purwokerto-Kebumen, Gombong-Jogjakarta, dan Kutoarjo-Solo atau sebaliknya sebesar Rp 50 ribu, sedangkan tarif batas atasnya Rp100 ribu.

Sementara untuk jarak Purwokerto-Jogjakarta atau sebaliknya, tarif batas bawah sebesar Rp 60 ribu serta tarif batas atas Rp 115 ribu. Sedangkan untuk jarak Purwokerto-Solo tarif batas bawahnya sebesar Rp 70 ribu dan tarif batas atasnya Rp 135 ribu.

Surono menambahkan, khusus untuk keberangkatan pada 25 September hingga 31 Oktober akan diberlakukan tarif batas bawah. Selain itu, tiket KA Joglokerto juga bisa dipesan untuk masa tujuh hari sebelum keberangkatan (H-7).

“KA Joglokerto juga memberlakukan tarif khusus sebesar Rp 20 ribu untuk rute Kutoarjo-Jogjakarta dan Jogjakarta-Solo atau sebaliknya,” tandasnya. (ori/sus/ Radar Banyumas /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s