Animo Penumpang KA Joglokerto Tinggi

kereta

PURWOKERTO – Animo penumpang Kereta Api (KA) Joglokerto jurusan Solo-Yogyakarta-Purwokerto cukup tinggi meskipun baru dipublikasikan dalam waktu satu hari, kata Vice President PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Safrudiansyah.

“Ini (KA Joglokerto) legalitasnya baru disetujui kemarin (Kamis, red.). Jadi, kami punya waktu untuk mempublikasikan hanya satu hari,” katanya di Stasiun Purwokerto, Jumat.

Kendati hanya punya waktu satu hari untuk mempublikasikan kehadiran KA Joglokerto, dia mengatakan bahwa jumlah penumpang tujuan Yogyakarta dan Solo yang diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto mencapai 106.

Sementara jumlah penumpang KA Joglokerto dari Yogyakarta tujuan Purwokerto sebanyak 30 orang dan penumpang yang diberangkatkan dari Stasiun Solobalapan sebanyak 237 orang.

“Jika dibandingkan penumpang dari Yogyakarta tujuan Purwokerto, berarti lebih banyak penumpang yang diberangkatkan dari Purwokerto karena mencapai 106 orang sedangkan dari Yogyakarta hanya 30 orang. KA Joglokerto sebenarnya Solo-Yogyakarta-Purwokerto, jadi mungkin yang dia kejar Solo-Yogyakarta, kalau kita yang ingin dikejar Yogyakarta sampai Solo,” jelasnya.

KA Joglokerto berangkat dari Solo menuju Yogyakarta/ Purwokerto pukul 06.15 WIB, diberangkatkan dari Yogyakarta pukul 07.19 WIB, dan tiba di Purwokerto pukul 10.01 WIB. Selanjutnya, kata dia, KA Joglokerto akan diberangkatkan dari Purwokerto menuju Yogyakarta/Solo pukul 10.38 WIB, berangkat Yogyakarta pukul 13.46 WIB, dan tiba di Solo pukul 14.46 WIB.

“Dalam perjalanan Solo-Purwokerto pp, KA Joglokerto akan berhenti di Stasiun Kroya, Sumpiuh, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Jenar, Wates, Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, dan Purwosari,” katanya.

Ia mengatakan bahwa KA Joglokerto akan menggunakan sistim tarif batas bawah dan batas atas seperti KA ekonomi komersial lainnya. Tarif batas bawah untuk jarak Purwokerto-Kebumen, Gombong-Yogyakarta, dan Kutoarjo-Solo atau sebaliknya sebesar Rp50.000 sedangkan tarif batas atasnya Rp100.000.

Sementara untuk jarak Purwokerto-Yogyakarta atau sebaliknya, lanjut dia, tarif batas bawah sebesar Rp60.000 serta tarif batas atas Rp115.000 sedangkan untuk jarak Purwokerto-Solo tarif batas bawahnya sebesar Rp70.000 dan tarif batas atasnya Rp135.000.

“Khusus untuk keberangkatan tanggal 25 September hingga 31 Oktober 2015 akan diberlakukan tarif batas bawah. Selain itu, tiket KA Joglokerto juga bisa dipesan untuk masa tujuh hari sebelum keberangkatan (H-7),” katanya. (ant/ /LintasKebumenĀ©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s