Bendungan Cirata Tertinggi di RI, Wadaslintang di Urutan Kedua

(Foto: KRjogja/Sukmawan)

(Foto: KRjogja/Sukmawan)

JAKARTA – Sampai saat ini Waduk Jatiluhur di Purwakarta, Jawa Barat, masih memegang rekor sebagai waduk terbesar di Indonesia. Namun selain itu, ada Waduk Cirata, Cianjur yang memegang rekor sebagai bendungan tertinggi di Indonesia. Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Mudjiadi mengatakan, jumlah bendungan di Indonesia saat ini sebanyak 230 buah, dan dari jumlah tersebut sekitar 203 buah dibangun oleh Kementerian PUPR.

“Indonesia mempunyai berbagai macam bendungan seperti bendungan paling tinggi adalah Bendungan Cirata (urugan batu dengan tipe concrete faced rockfill dam) di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dengan tinggi 125 meter,” jelas Mudjiadi seperti dikutip dari situs Kementerian PU dan Perumahan Rakyat Rabu (23/9/2015)

Selain itu, tercatat ada Bendungan Wadaslintang (urugan tanah) di kabupaten Kebumen, Jawa Tengah dengan tinggi 122 meter. Sementara itu, bendungan paling besar adalah Bendungan Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dengan volume tampungan sebesar 2.556.000.000 m3.

“Semua bendungan tersebut mempunyai banyak manfaat yaitu untuk irigasi, PLTA, pengendalian banjir, penyediaan air baku untuk air bersih dan pariwisata,” katanya.

Bahkan disebut-sebut Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Waduk Cirata di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

Kedua bendungan ini mempunyai tipe urugan batu inti tanah liat plastisitas tinggi, mempunyai manfaat mengairi areal irigasi seluas 242.000 hektar di Kabupaten Bekasi, Karawang, Subang, dan Indramayu; pengendalian banjir di sepanjang pantai utara Jawa Barat dari Bekasi sampai Indramayu.

“Untuk itu ke depannya kita dapat memiliki bendungan dengan kapasitas tampungan yang besar seperti Bendungan Jatiluhur dan Bendungan Jatigede yang baru saja dilakukan impounding (pengisian waduk) beberapa waktu yang lalu,” katanya. (Dana Aditiasari/ detik.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s