Yuk, Wisata Kopi di Kebumen

kopi

AMBAL — Berwisata ke kebun kopi dataran rendah di Kebumen yang mulai diujicobakan pada Minggu (20/09/2015), ternyata mengundang minat besar dari para pesertanya. Selain bisa melihat langsung perkebunan kopinya, para peserta rata-rata paling meminati sesi uji rasa berbagai jenis kopi yang ditanam di kebun kopi.

“Berwisata ke kebun kopi seperti ini di Indonesia masih sangat jarang ditemui. Rata-rata orang kita baru sampai pada tahapan mendengar tentang adanya sentra-sentra kopi di tanah air, namun merasakan berwisata ke lokasinya, masih jarang dilakukan. Kami pun sekarang bisa membuktikan bahwa kopi bisa tumbuh bagus di dataran rendah,” ujar seorang peserta wisata ke kebun kopi Kebumen milik Yuri Dulloh di Desa Pucangan Kecamatan Ambal Kebumen, Minggu (20/09/2015).

Peserta wisata yang terdiri dari 20 jurnalis cetak dan elektronik dari Jakarta tersebut selain melihat aneka tanaman kopi di kebun kopi Yuri Dulloh, juga melihat tata cara menyeduh kopi dengan peralatan seduh berbahan alami seperti cangkir seduh dari bambu dan sendok pengaduknya berupa kulit batang pohon kayu manis.

“Piranti penyeduhan begini merupakan hasil temuan saya. Dengan penyeduhan berpiranti alami begini sensasi rasa kopinya sangat berbeda dibandingkan menggunakan gelas, cangkir dan sendok buatan pabrik,” jelas Yuri kepada peserta wisata didampingi Camat Ambal, Subagio MSi.

Selain itu, peserta juga diminta membandingkan secara langsung rasa minuman kopi Arabica, Robusta, Javanica, Robusta, Luwak dan Kopi Nyamplung. Ternyata, sesi uji rasa ini paling diminati peserta, terbukti banyaknya pertanyaan yang dilontarkan peserta. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s