Rokhimah Bertahan Membuat Wajan Tanah Liat

perajin erabah

KLIRONG – Wajan berikut tungku atau anglo dari tanah liat masih dibuat oleh perajin gerabah di Desa Gebangsari, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen. Geliat perajin semakin terasa di musim kemarau karena mereka mengandalkan terik sinar matahari untuk mengeringkan gerabah yang dibuat.

“Kalau musim hujan, produksi dikurangi karena proses pengeringan bisa sampai dua minggu. Bahkan kalau setiap hari hujan, tidak produksi,” jelas Rokhimah (48) perajin gerabah di Dukuh Krajan Desa Gebangsari.

Di musim kemarau, mengeringkan wajan maupun tungku hingga siap dibakar, cukup satu minggu. Tidak mengherankan jika produksi digenjot. Dalam sehari, Rokhimah mampu menghasilkan 25 wajan ukuran besar. Jumlah yang sama juga dihasilkan Rokhimah jika membuat tungku.

Hanya saja di era moderen, pesanan yang datang sudah turun drastis. Pesanan lebih banyak datang dari perajin emping untuk menyangrai melinjo, serta dipesan oleh pembuat kopi skala rumahan untuk menyangrai biji kopi.

Sedangkan wajan kecil yang bentuknya seperti cobek, dipesan untuk cetakan gula jawa oleh perajin gula jawa. Penjual kue serabi juga banyak yang memesan wajan kecil. “Pemakai wajan tanah liat, biasanya juga pemakai anglo,” ujar Rokhimah.

Pesanan yang terus turun dari tahun ke tahun, juga membuat banyak perajin gerabah di Dukuh Krajan tidak mampu bertahan. Dari semula hampir semua rumah membuat gerabah, kini hanya menyisakan 15 orang. “Anak-anak juga sudah tidak mau membuat gerabah. Mereka pilih kerja di kota,” ungkap Rokhimah. (Suk/ KRjogja.com /LintasKebumenĀ©2015)

Advertisements

One comment

  1. selamat pagi, mohon info bagaimana saya dapat mendapatkan contact dengan Ibu Rokhimah pembuat wajan serabi?

    Terima kasih
    salam,
    Regina Ragil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s