Prameks Diganti Joglokerto, Rute Purwokerto-Jogja-Solo

pramEks1

KEBUMEN – Warga Kebumen dapat sedikit terobati, setelah rencana batalnya kereta api Prambanan Ekspres (Prameks) beroperasi dari Setasiun Prembun. PT KAI berencana bakal mengoperasikan kereta baru kelas ekonomi jarak pendek. Kereta baru itu akan beroperasi pada rute Solo- Jogja- Purwokerto dan sebaliknya. Kereta api tersebut nantinya bakal berhenti di stasiun- stasiun yang ada di Kabupaten Kebumen.

Manager Komunikasi PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono mengatakan kereta api baru tersebut direncanakan merupakan KA ekonomi komersial. “Dengan rangkaian gerbong kelas ekonomi jenis baru,” terang Surono, Kamis (10/9).

Menurutnya, gerbong ekonomi jenis baru ini masing- masing berkapasitas 80 seat dengan konfigurasi tempat duduk 2-2. sehingga terasa lebih lega dan nyaman untuk penumpang. Sedangkan gerbong jenis lama masing- masing berkapasitas 106 seat dengan konfigurasi 2-3.

“Meskipun dimensinya sama, gerbong ekonomi jenis baru ini kapasitasnya dibuat lebih sedikit dibandingkan gerbong ekonomi lama. Sehingga penumpang akan lebih lega dan nyaman,” tegasnya.

Ia menjelaskan, pengoperasian kereta apai baru tersebut untuk menampung semakin meningkatnya permintaan transportasi darat pada koridor Purwokerto- Jogja- Solo. “Ini akan semakin memberikan pilihan kepada masyarakat selain bus, travel dan KA yang sudah ada saat ini,”ujarnya.

Kereta api yang rencananya akan menggunakan nama Joglokerto (akronim Jogja, Solo, Purwokerto) ini akan menempuh jarak Purwokerto – Jogja hanya dalam waktu sekitar tiga jam. Sedangkan Jogja- Solo akan ditempuh KA ini dalam waktu kurang dari satu jam.

“Kami optimis KA baru ini nanti akan mendapat sambutan positif dari masyarakat. Disamping menawarkan kenyamanan juga memiliki keunggulan waktu tempuh yang lebih singkat dibanding moda transportasi jalan raya,”imbuhnya.

Surono melanjutkan, meski merupakan kereta api ekonomi komersial, namun untuk tarifnya direncanakan akan dibuat bersaing dengan tarif transportasi darat lain yang ada saat ini pada koridor Purwokerto- Jogja- Solo. “Direncanakan tarifnya akan dibuat secara parsial,” ucapnya.

Kereta api baru ini direncanakan akan mengawali perjalanannya dari Solo pagi hari, sekitar pukul 06.00 WIB. Tiba di Purwokerto sekitar pukul 10.00. Kemudian KA ini akan berangkat lagi ke Solo dari Purwokerto sekitar pukul 10.30 dan tiba di Solo sekitar pukul 14.30 WIB. (ori/ Kebumen Ekspres /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s