Persak Kebumen Juara Piala Bupati Banyumas 2015

persak2

KEBUMEN – Persak Kebumen sukses mengukir sejarah dengan menjadi juara turnamen sepakbola Piala Bupati Banyumas 2015. Dalam final yang berlangsung di Stadion Satria Purwokerto, Senin malam (21/9/15). Persak Kebumen mengalahkan Sleman United 2-0 (1-0).


Gol-gol Persak Kebumen dicetak oleh Boumsong di menit 38 babak pertama dan pemain pengganti Awang Setiawan pada menit 70. Pertandingan final Persak vs Sleman United yang ditonton kurang lebih 5000 penonton berlangsung seru.

Sejak kick off Persak Kebumen yang diperkuat eks pemain nasional Okto Maniani dan pemain yang malang melintang di ISL seperti Leonard Topamahu, M Yunus, kiper PSIS Catur Adi serta pemain asing asal Kamerun Abanda Herman dan Boumsong serta pemain asal Liberia Yao Rudy, langsung menggebrak pertahanan Sleman United yang dijaga bek yang pernah mengenyam Timnas Nova Aryanto.

Dalam lima menit awal, Persak Kebumen sudah mendapatkan dua sepak pojok. Sayang peluang dari bola mati itu belum dapat dikonversi menjadi gol. Aksi Okto Maniani cukup menghibur penonton yang memadati stadion Satria Purwokerto. Tiap kali Okto melakkan sprint membawa bola selalu mendapatkan applause.

Demikian pula ketika Okto melakukan tembakan bola mati dari free kick yang diperoleh Persak. Beberapa kali Okto melakukan shooting dari jarak jauh, yang juga mendapat tepuk tangan meriah penonton. Sayang percobaan yang dilakukan Okto Maniani tidak menembus gawang Sleman United.

Gol Persak Kebumen lahir pada menit ke 38 babak pertama oleh Boumsong. Pemain yang bernama lengkap Jean Paul Casimir E. Boumsong itu memanfaatkan bola rebound hasil tembakan Okto yang menyentuh kaki kiper Sleman United. Gol Boumsong disambut gegap gempita supporter Bumi Mania yang memenuhi tribun timur stadion Satria.

Setelah kebobolan, pemain Sleman bermain cenderung keras bahkan kasar sehingga di babak pertama Sleman United mengantongi 2 kartu kuning. Anak-anak Sleman United sempat mengancam gawang Persak, namun umpan-umpan jantung pertahanan Persak dengan bola lambung, dengan mudah dipatahkan oleh duo bek jangkung Abanda Herman dan Leonard Topamahu. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Okto Cedera

Memasuki babak kedua, Okto Maniani mengalami cedera setelah menghalau bola dan berusaha melakukan dribbling. Ia mengerang kesakitan dan meminta diganti. Pelatih HM Tursino memasukkan Awang Setiawan menggantikan Okto.

Awang membayar kepercayaan pelatih dengan sebuah gol spektakuler di menit ke 70. Dari luar kotak penalty, dia melakukan tembakan tak terduga, yang tidak bisa dihalau kiper Sleman United karena sudah berdiri agak maju. 2-0 untuk Persak Kebumen.

Sleman United berusaha keras mengejar dengan menempatkan Nova Aryanto maju sebagai striker di 15 menit terakhir. Namun usaha ini tidak membuahkan hasil. Sebaliknya Persak Kebumen beberapa kali mengancam melalui Boumsong yang beberapa kali melakukan heading ke arah gawang, namun sayang selalu melambung.

Pemain Terbaik dan Topskor Divisi Utama 2012-2013 ketika membela Persebaya Surabaya ini menjadi andalan di lini depan Persak setelah Okto diganti, sementara Awang Setiawan lebih banyak beroperasi dair lini kedua.

Kedudukan 2-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Persak Kebumen pun menjadi juara Piala Bupati Banyumas dan pendukungnya yang datang jauh dari Kebumen ke Purwokerto pulang dengan senang. (Banyumasnews.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s