Penambang Pasir Didominasi Warga Cilacap

PENAMNBANG CILACAP

BULUSPESANTREN – Memasuki musim pengerjaan proyek, para penambang pasir mulai bermunculan di wilayah Sungai Luk Ulo. Meski Satpol PP sudah melakukan penertiban, namun para penambang pasir tidak kapok. Seperti yang terlihat di Desa Ayamputih, Kecamatan Buluspesantren.

Di lokasi penambangan ini terlihat beberapa truk berjajar menunggu diisi pasir. Sementara itu puluhan perahu mencari pasir di sungai. Dulu pasir Luk Ulo daerah selatan sering dianggap pasir nomor dua. Para pembeli enggan untuk memilih pasir yang berasal dari daerah tersebut.

Namun karena banyaknya permintaan, maka pasir Luk Ulo wilayah selatan jadi incaran. “Sekarang mau beli dimana, wong barangnya juga langka,” tutur Gunawan, salah satu pembeli pasir.

Menurutnya, dengan banyaknya para penambang akan mempermudah dirinya. “Kalau tidak mengambil dari sini, terus mau beli dimana lagi?,” tuturnya.

Saat ini, penambang pasir yang berada di Ayamputih lebih didominasi warga Cilacap. Warga asli Ayamputih hanya bisa dihitung jari. Menurut penuturan salah satu warga Ayamputih yang enggan disebutkan namanya, warga Ayamputih banyak yang memilih bekerja di ladang dibanding menjadi penambang pasir.

“Sekarang jarang yang mau jadi penambang, padahal ini merupakan pekerjaan yang sudah turun temurun. Tapi karena ada larangan dari pemerintah, jadi banyak warga yang memilih tidak lagi menjadi penambang. Sekarang yang nambang di sini malah warga dari Desa Pandanlor, Kecamatan Klirong dan warga dari Cilacap,” tuturnya.

Namun dia menyesalkan pelarangan menambang tidak diikuti dengan membuka lapangan kerja baru, sehingga jumlah pengangguran semakin bertambah.

“Ya mau tidak mau kerja di ladang dan kerja apa saja yang penting menghasilkan uang, karena tidak ada lapangan kerja yang disediakan pemerintah pasca munculnya larangan menambang,” katanya. (mam/sus)/ Radar Banyumas /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s