Pedagang Hewan Kurban Tingkatkan Perawatan

kambing5

KEBUMEN – Menjelang datangnya Idul Adha, di berbagai tempat di Kebumen bermunculan pedagang-pedagang hewan kurban ‘dadakan’ yang sebagian besar menjual kambing jantan dewasa.  Selain berpromosi dengan selebaran, spanduk dan poster-poster yang ditempelkan di berbagai tempat, kebanyakan pedagang berupaya tekun merawat ternak yang dijualnya agar selalu sehat, bersih dan segar.

“Para pedagang hewan kurban harus berkomitmen untuk mengupayakan ternak yang dijualnya benar-benar sehat, segar dan bersih, mengingat digunakan untuk kegiatan keagamaan. Selain pakannya teratur dan mencukupi, perawatan lain seperti pemberian suplemen dan menjaga kebersihan badan juga harus dilakukan,” ujar Ahyani, pedagang kambing kurban di Jalan Ampera Kebumen, di tempatnya berjualan, Selasa (22/09/2015).

Sejak mulai membuka penjualan hewan kurban pada 10 September 2015 lalu, para pembeli kambing kurban Ahyani menitipkan terlebih dahulu kambing yang dibeli kepada Ahyani untuk dirawat. Setiap pagi kambing diberi suplemen berupa 50 cc air gula kelapa dan siangnya diberi 50 cc air kelapa muda.

Untuk perawatan luar, setiap pagi badan dan muka kambing dilap dengan kain basah. Apabila kelopak mata kambing lengket dan tak mau membuka, oleh Ahyani kelopak mata kambing diolesi semacam obat yang dicairkan dengan air. “Kambing yang dititipkan itu bisanya diambil oleh pemiliknya pada H-1 atau H-2 Idul Adha,” ujar Ahyani.

Sejumlah peternak sapi di berbagai desa di Kebumen yang akan menjual sapinya sebagai hewan kurban juga punya kiat-kiat khusus merawat sapinya. Selain pakan pokok yang mencukupi seperti jerami, rumput atau dedaunan palawija, sapi juga mendapatkan makanan lain berupa konsentrat dari campuran rumput dengan bekatul dan air atau irisan ubi jalar, singkong dan tepung jagung.

“Agar rasanya lebih enak, biasanya kami bubuhi kecap, air gula atau garam,” jelas Munir, peternak sapi Desa/Kecamatan Karangsambung Kebumen. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s