Kodim Selesaikan Proyek Jembatan Gantung

jembatan sari kumolo 1

KLIRONG – Kodim 0709/Kebumen menyelesaikan pembangunan jembatan gantung menghubungkan Desa Kedungsari, Kecamatan Klirong dan Desa Ambalkumolo, Kecamatan Buluspesantren, Rabu (22/9). Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya mengerahkan sedikitnya seratus anggota untuk menyelesaikan jembatan tersebut. “Ini wujud kepedulian TNI untuk membantu kesulitan masyarakat,” kata Dandim Putra.

Untuk diketahui, pembangunan jembatan di Sungai Luk Ulo itu dikerjakan warga setempat di dua desa yakni Desa Kedungsari dan Ambalkumolo. Jembatan gantung itu pun kemudian diberi nama jembatan Sari Kumolo. Namun untuk menyelesaikannya butuh bantuan personel Kodim dan Koramil Klirong serta Koramil Buluspesantren.

Mengingat, waktu penyelesainnya dibatasi hingga Rabu (22/9). Di samping itu perlu tenaga khusus. Dan anggota Kodim terbiasa menangani pembangunan fisik seperti jembatan. Diharapkan penyelesaiannya pun tak memakan waktu lama dan bisa langsung dimanfaatkan sejak kemarin sore, menyusul serah terima jembatan tersebut.

Kepercayaan

Camat Budhi Suwanto mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik TNI, warga, kepolisian, Pemkab dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kebumen maupun pihak lainnya. Terutama kepada Toni Ruttiman, sukarelawan asal Swiss yang memberikan bantuan material jembatan.

Toni yang dibantu tim itu pun tidak tinggal diam. Ia menangani langsung dengan memasang kawat penyangga dari atas jembatan. Adapun TNI serta warga memasang kerangka dan pelat besi dari bawah.

Kerja sama tersebut menunjukkan adanya gotong-royong. Toni menjelaskan, jembatan yang dibangunnya merupakan yang ke-702 di bebeberapa negara.

Selain jembatan gantung menghubungkan Desa Kedungsari dan Desa Ambalkumolo, sukarelawan asal Swiss itu juga membantu material jembatan gantung yang menghubungkan Desa Giritirto, Kecamatan Karanggayam dan Desa Totogan, Kecamatan Karangsambung.

Ia mengaku mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak di Swiss untuk membantu mendekatkan akses masyarakat yang terkendala karena belum ada jembatan.(K5-52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s