Istimewanya Batu Akik Asal Kebumen

akik1

KEBUMEN — Kebumen merupakan salah satu daerah produsen batu akik yang terkenal di Indonesia. Batu akik khas Kebumen memiliki keistimewaan yang membuat para kolektor batu akik kian tertarik untuk mengumpulkan batu alam nan indah ini.

Salah satu tempat perajin batu akik di Kebumen yang ternama adalah Badar Besi, yang terletak di Pasar Rabu, Kebumen, Jawa Tengah. Sidarto, salah satu perajin di Badar Besi, mengungkapkan bahwa batu akik Kebumen memiliki keistimewaan yang berbeda dari batu akik dari daerah lainnya.

“Disini (Kebumen) varian batunya lebih banyak dari daerah lain, bahkan terlengkap se-Asia Tenggara. Dari kandungan mineralnya juga berbeda. Bahkan ada batu yang memiliki kandungan emas,” ujar Sidarto. Selanjutnya, ia juga mengungkapkan bahwa proses pencarian batu akik terbilang berbeda dari daerah lain.

“Kalau di Kebumen, batu akiknya masih dicari dengan cara tradisional, tidak dieksploitasi menggunakan mesin,” ujarnya. Sidarto juga berkata bahwa untuk melakukan pengumpulan batu akik di Kebumen, seseorang harus memiliki izin dari Perhutani.

Untuk harga, batu akik Kebumen juga sangat variatif. Kisaran harga yang ditawarkan untuk batu akik jenis Jasper, Agat, dan Kalsedon dimulai dari harga Rp 50.000.

Sementara batu akik yang terbilang paling tinggi adalah batu akik gambar, yang harganya ditentukan sendiri oleh motif gambar batu itu sendiri. Kian indah dan rumit motif batu tersebut, harga yang ditawarkan semakin tinggi, bahkan mencapai Rp 25 juta. (Silvita Agmasari/ KOMPAS.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s