Hutan Cemara Dirusak, Darori Meradang

darori

PETANAHAN – Hutan cemara udang di kawasan Pantai Petanahan, di Desa Karangreja, Kecamatan Petanahan, rusak oleh keberadaan tambak udang milik warga. Padahal hutan cemara itu masuk kawasan hutan penelitian dan wisata alam Wanagama III hasil kerjasama UGM Yogyakarta, yang diresmikan oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan pada 2010 lalu.

Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Darori Wonodipuro, terkejut menerima laporan perusakan hutan pantai yang diinisiasinya saat masih menjabat sebagai Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Kementerian Kehutanan.

“Setelah saya cek memang benar banyak pohon cemara yang ditebang untuk dijadikan tambak,” kata Darori, di kediamannya di Desa Petanahan, kemarin.

Setelah mengecek lokasi perusakan hutan, Darori mengaku sudah melaporkan ke Pemkab Kebumen dan kepolisian untuk menindak tegas pelaku perusakan. Tetapi, kata Darori, dari pihak terkait belum ada tindakan.

“Kalau disini tidak bisa menyelesaikan, saya bawa ini (laporkan) ke Jakarta,” tegas pria yang baru saja menjabat Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Tengah. Menurut Darori, keberadaan tambak udang di kawasan hutan cemara tersebut tidak tepat. Apalagi jika dikaitkan dengan masalah kepariwisataan, keilmiahan, dan pertanian.

Pasalnya, keberadaan tambak udang telah merusak ekosistem hutan, merusak wind barrier dan sand down (gumuk pasir). Serta menghancurkan upaya pemerintah untuk mengantisipasi datangnya tsunami, mencegah abrasi, dan sebagainya.

Ia melanjutkan, dibutuhkan dana besar, usaha keras dan waktu yang sangat panjang untuk menghijaukan hutan dengan menanam ribuan pohon cemara udang. “Namun hanya dalam sekejap dan hanya karena alasan klasik, yaitu urusan perut, hutan itu rusak,” sesalnya.

Untuk diketahui, tanaman cemara udang yang ditanami dipesisir selatan itu merupakan program Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (Gerhan) Kementerian Kehutanan. Tanaman tersebut ditanam pada 2007 lalu, di lahan seluas 360 hektar.(ori/ Radar Banyumas /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s