Anggaran Untuk Kekeringan di Kebumen Telah Habis

ngangsu

KEBUMEN – Anggaran dari APBD Kebumen, Jawa Tengah (Jateng), sebesar Rp400 juta untuk membiayai pasokan air bersih ke wilayah yang kekeringan telah ludes. Hingga kini lebih dari 95 ribu jiwa di 96 desa mengalami kekeringan. Beruntung, masih ada pihak ketiga yang membantu dengan menyediakan 3 ribu tangki air bersih.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen Muhyidin mengatakan kalau alokasi anggaran pengadaan air bersih untuk daerah yang krisis air hanya Rp400 juta. Dana tersebut setara dengan 2.056 tangki air bersih.

“Kalau hanya mengandalkan anggaran dari APBD Kebumen saja, maka saat sekarang sudah habis. Karena distribusi air bersih telah lebih dari 2 ribu tangki,” jelasnya, hari ini.

Meski sudah anggaran dari APBD telah habis, tetapi pihaknya masih dapat mendistribusikan air bersih ke daerah-daerah yang kekeringan.

“Sebab, kami mendapat bantuan dari pihak ketiga. Hingga kini, bantuan dari pihak ketiga mencapai sekitar Rp600 juta atau bisa untuk pengadaan 3 ribu tangki. Setiap harinya, kami mendistribusikan air bersih dengan 13 armada, 8 armada tangki, 3 truk dan 2 mobil pikap,” katanya.

Muhyidin mengatakan kekeringan yang terjadi di Kebumen semakin meluas. Kini, kekeringan telah melanda 96 desa di 17 kecamatan. Jumlah jiwa yang mengalami krisis air bersih lebih dari 95 ribu orang.

“Kekeringan yang terjadi tahun ini lebih parah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2014 lalu, hanya 74 yang dilanda krisis air bersih. Makanya, anggaran dari APBD juga cepat habis karena krisis air bersih yang meluas,” jelasnya. (Q-1/ Liliek Dharmawan / mediaindonesia.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s