59 Guru Ikuti Diklat Pembina PMR

pmi kebumen

KEBUMEN – Sebanyak 59 guru dari berbagai sekolah lanjutan pertama dan sekolah lanjutan atas di Kebumen telah mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) pembina PMR yang digelar PMI Kebumen. Kegiatan itu berlangsung empat hari sejak 18-21 September di MTs 1 Kebumen Jl Tentara Pelajar.

Acara dibuka Ketua PMI Kebumen Komper Wardopo dan ditutup Wakil Ketua PMI Bidang SDM dan Pembinaan Generasi Muda Salim Wasdy, dihadiri Kepala MTs 1 Kebumen Mohammad Iskandar. Menurut Sekretaris PMI Kebumen Kinanto, Diklat Pembina PMI Kebumen merupakan program kerja PMI bertujuan menambah jumlah guru pembina PMR Madya dan PMR Wira di Kabupaten Kebumen.

Sekaligus memeriahkan HUT Ke-70 PMI serta menyebarluaskan gerakan palang merah di sekolah. Kinanto menyatakan, para pembina PMR dibekali materi tentang gerakan palang merah, manajemen bencana, pengetahuan donor darah hingga jurnalistik dan fotografi baik teori maupun praktik.

Diharapkan setelah mengikuti diklat para pembina PMR akan bisa mengaplikasikan ilmunya untuk pengembangan gerakan palang merah dan penanaman jiwa kemanusiaan kepada para siswa.

Teori dan Praktik

“PMR adalah masa depan gerakan kemanusiaan. Setiap tahun kami mengadakan diklat bagi para pembina PMR, tahun ini sesuai kuota 59 peserta, tahun depan akan kita adakan lagi,” jelas Kinanto.

Salim Wasdy menambahkan, selama diklat para guru diberi bekal materi teori dan praktk. Bahkan peserta juga diminta memecahkan persoalan dalam perencanaan posko bencana, pertolongan pertama, manajemen bencana hingga praktik menulis berita dan fotografi.

“Harapan kami para guru pembina PMR juga memiliki keterampilan menulis dan fotografi, mengingat kegiatan PMR di sekolah cukup banyak dan bagian dari pendidikan karakter,” tegas Salim.

Salah seorang peserta guru pembina PMR SMK 1 Kebumen, Anita Arumsari mengaku senang bisa mengikuti pelatihan selama empat hari. Apalagi materi cukup variatif dan umumnya disampaikan secara menarik sehingga bisa menambah pengetahuan bagi para guru pembina PMR.(B3-52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s