SD 1 Sidomoro Dapat Bantuan Makanan Tambahan

SD ilustrasi

BULUSPESANTREN – Jajanan sekolah harus bersih, bebas bahan pengawet, penyedap rasa, dan pewarna. Hal itu disampaikan Kabid Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kebumen, Agus Septadi di sela-sela Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) di SD Sidomoro, Desa Sidomoro, Kecamatan Buluspesantren, Kebumen, baru-baru ini.

Hadir Kepala UPT Dikpora Kecamatan Buluspesantren Sururudin, Pengawas TK/SD Kecamatan Buluspesantren Sukur Khalimi, Kepala SD 1 Sidomoro Sri Setya Prihatin, dan Bidan Desa Sidomori Dani Eko Ristanti.

Dalam kesempatan itu, Agus Septadi menyempatkan untuk berbincang dengan pedagang yang berjualan di sekolah setempat. Ia pun menyampaikan beberapa hal terkait jajanan yang dijual di sekolah harus higienes serta bebas dari bahan pengawet, penyedap rasa, dan pewarna.

“Tujuan umum PMTAS untuk meningkatkan ketahanan fisik siswa melalui perbaikan keadaan kesehatan dan gizi sehingga dapat mendorong minat dan kemampuan belajar untuk meningkatkan prestasi,” katanya. Kepala SD 1 Sidomoro Sri Setya Prihatin mengucapkan terimakasih kepada Dikpora dan pihak terkait yang memberikan bantuan PMTAS.

Prestasi Siswa

Bantuan tersebut diberikan setiap hari selama tiga bulan (90 hari) pada jam istirahat pertama, berupa makanan tambahan, nonberas dan nonketan. Pihaknya bekerja sama dengan ahli gizi dan Puskesmas Buluspesantren II dan PKK untuk melaksanakan kegiatan PMTAS dalam menyusun menu dan menyediakan makanan sehat.

“Harapan kami, mudah-mudahan dengan pemberian makanan tambahan ini membawa manfaat bagi masyarakat Desa Sidomoro umumnya dan peserta didik khususnya,” jelas Prihatin.

Ia menyebut manfaat pemberian bantuan tersebut dapat meningkatkan ketahanan fisik peserta didik melalui perbaikan keadaan gizi dan kesehatan sehingga mendorong minat dan kemampuan belajar untuk meningkatkan prestasi dalam rangka tercapainya program wajib belajar (Wajar) 9 tahun.

Di SD 1 Sidomoro pada tahun pelajaran 2014/2015 hasil ujian sekolah yang mendapat nilai 10 pada mata pelajaran Matematika ada tiga siswa. Dan kali ini, selain menerima bantuan program PMTAS, SDN 1 Sidomoro juga menerima bantuan alat peraga senilai Rp 50 juta. Dengan berbagai bantuan diterima itu, diharapkan makin meningkatkan prestasi siswa.(K5-52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s