Paslon Bupati Ditetapkan Hari ini

Pilkada

KEBUMEN – Hari ini (24/8) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen menetapkan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang memenuhi syarat menjadi pasangan calon bupati dan wakil bupati. KPU memastikan pasangan yang dinyatakan memenuhi syarat berhak mengikuti Pemilihan Bupati Kebumen pada 9 Desember 2015 mendatang.

Ketua KPU Kebumen Paulus Widyantoro menyatakan, penetapan pasangan tersebut akan dilakukan melalui rapat pleno tertutup di Kantor KPU Jalan Arungbinang Kebumen. Rapat pleno rencananya akan digelar pada pukul 09.00 WIB.

“Nanti dilakukan pleno internal, yang akan mereview semua persyaratan pasangan bakal calon. Kalau semua persyaratan lengkap kita nyatakan Memenuhi Syarat (MS). Serta yang tidak, kita nyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS),” terang Paulus Widyantoro, Minggu (23/8).

Selanjutnya, pada siang harinya, KPU akan menyerahkan hasil rapat pleno kepada masing-masing tim pasangan calon. “kita akan langsung rapat dengan tim pasangan yang dinyatakan memenuhi syarat untuk membahas persiapan pengundian nomor urut dan penyampaian program visi misi pasangan calon,” ujarnya.

Sehari kemudian, pada Selasa (25/8), KPU Kebumen akan menggelar pleno terbuka dengan agenda pengundian nomor urut pasangan calon. Pleno ini juga akan dilakukan di Kantor KPU Kebumen. Tak hanya pengundian nomor urut saja, tetapi diteruskan dengan launching nomor urut dari masing-masing pasangan calon.

“Teknisnya nanti, pengambilan nomor urut ditentukan berdasarkan urutan kedatangan paslon. Jadi yang berangkat duluan dia yang mengambil lebih awal, demikian seterusnya,” imbuhnya.

Selanjutnya, kampanye akan dimulai pada 27 Agustus 2015. Masa kampanye diawali dengan penyampaian visi misi masing-masing calon dilakukan pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kebumen. Setelah pemaparan visi misi, di tempat yang sama akan dilakukan deklarasi kampanye damai. Yang dilanjutkan dengan kirab pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Tiga pasangan calon akan dikirab menggunakan mobil hias dari Pendopo Bupati. Adapun rute yang akan ditempuh, yakni melalui jalur utama hingga Prembun, selanjutnya ke arah Mirit hingga Jalan Daendels ke arah barat sampai di Jalan Karangbolong.

Dari simpang tiga Desa Jladri di Jalan Karangbolong berbelok keutara hingga Polsek Buayan ke kiri hingga tembus wilayah Rowokele. Rombongan kirab akan kembali lagi ke jalur utama di simpang tiga Ngijo (Polsek Rowokele), ke timur hingga kembali lagi ke Kebumen.

“Nanti setiap tim pasangan kita batasi maksimal menggunakan lima mobil,” imbuhnya.

Paulus menjelaskan, kirab tersebut digelar untuk mensosialisasikan tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung pada Pilbup Kebuemen 9 Desember mendatang. Sekaligus sebagai pembuka kampanye.

Seperti diketahui, terdapat tiga pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar ke KPU Kebumen. Ketiganya, yaitu Khayub Mohammad Lutfi-Akhmad Bakhrun, yang diusung oleh koalisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar.

Selanjutnya, pasangan Bambang Widodo-Sunarto, diusung koalisi PDI Perjuangan dan Partai Hanura. Serta pasangan Muhammad Yahya Fuad-KH Yazid Mahfudz, diusung koalisi Partai Amanat Nasioal (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). (ori/ Radar Banyumas /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s