Menakar Nasionalisme Pemuda Lewat Pidato

lomba idato

KEBUMEN – Keterlibatan pemuda dalam membangun bangsa menjadi perhatian khusus bagi Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) Kabupaten Kebumen. Untuk membekali generasi pemuda, GMPI menggelar lomba pidato dan lomba penulisan essay, kemarin (23/8).

Ketua Panitia Tri Aji Wijayanto, mengatakan 80 peserta mengikuti kedua lomba yang baru pertama kali digelar di Kabupaten Kebumen tersebut. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari pelajar, mahasiswa, santri pondok pesantren, hingga anggota organisasi kemasyarakatan.

“Untuk pesertanya kita batasi berdasarkan usia, yaitu mulai dari 15 tahun sampai 25 tahun,” kata Tri Aji Wijayanto, disela-sela acara, kemarin.

Ia mengungkapkan, sejumlah tokoh dilibatkan dalam penjurian, mulai dari politisi, dai, penulis, hingga akademisi. Seperti KH Muhsinun (Anggota DPRD Kebumen), dan Agus Salim (penulis dan akademisi).

“Untuk penilaian mulai dari artikulasi, penguasaan materi, isi materi, pelafalan dan ekspresi. Sedangkan untuk lomba penulisan essay minimal penulisannya empat halaman,” jelasnya.

Adapun pemenang dari kedua lomba tersebut, akan dipilih juara 1, juara 2, dan juara 3. Masing-masing juara akan mendapatkan hadiah berupa sejumlah uang pembinaan dan trofi dari panitia.

Sementara itu peserta yang dinyatakan menang, yaitu lomba penulisan essay, juara 1 Hidayatul Ummah (Ponpes Salafiyah), juara 2 Muchsin Rivangi (PC RMI), dan juara 3 Fitriyani ( AMIK PGRI Kebumen). Sedangkan lomba pidato, juara 1 Siti Asiyah (MTs Padureso), juara 2 Adam Syarifudin (MA Salafiyah), dan juara 3 Siti Alimah (SMK Muhammadiyah Kebumen).

Ketua GMPI Kebumen, Agus Hamim, menambahkan digelarnya lomba tersebut atas dukungan dari Ketua Umum PPP, M Romahurmuzy. Menurutnya, sebagai organisasi pemuda yang berifiliasi ke PPP, GMPI prihatin atas degradasi moral yang terjadi pada sebagian generasi muda Indonesia, termasuk di Kebumen.

“Oleh karenanya dengan lomba ini, kita harapkan anak-anak muda terbuka wawasannya sehingga bangga sebagai generasi muda Indonesia. Sehingga nantinta dapat berperan aktif dalam pembangunan,” tandasnya.(ori/ Radar Banyumas /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s