Harga Anjlok, Tanaman Tomat ‘Ditelantarkan’

tomat

BULUSPESANTREN – Harga tomat benar-benar terpuruk. Musim kemarau yang kondusif untuk budidaya tomat, dengan bayangan panen raya, ditunjang harga yang menjanjikan, mendadak sirna. Jauh dari bayangan.

Ini dirasakan petani di Kebumen. Dengan anjloknya harga tomat Rp 500 setiap satu kilogramnya, petani hanya bisa gigit jari. Kerugian yang tak bisa dibayangkan. Ujung-ujungnya, lahan tanaman tomat yang sebelumnya ‘digadang-gadang’, dibiarkan alias ditelantarkan. Tanaman tomat yang siap panen, dibiarkan membusuk di tangkainya.

“Memang sudah ada pembeli ketika akan panen raya tomat, namun pedagang yang juga pembeli mengatakan jika harga tomat turun menjadi Rpi 500/kilonya. Terpaksa kami( petani-red) membatalkan menjualnya dan membiarkan tanaman tomat menjadi bosok”, ujar Surawan, petani tomat Desa Setrojenar Kecamatan Buluspesantren Kebumen, di lahannya, Senin (24/08/2015).

Tanpa menghitung kerugianya, Surawan yang mempunyai lahan tanaman tobat seluas 2.500 meter persegi, serta petani tomat yang lainnya, mengatakan jika kerugian memang cukup besar.

“Nasib kami saat ini sedang tak sebaik nasib petani cabai. Menurut pedagang yang datang ke kebun kami, di sejumlah daerah sentra tomat di Jawa Tengah saat ini juga sedang panen raya tomat. Melimpahnya tomat di pasaran menyebabkan harga menjadi jatuh,” jelas Surawan.

Selain Setrojenar, penelantaran tanaman tomat dengan cara membiarkan buah tomat membusuk di pohonnya juga terjadi pula di sentra tomat lainnya di beberapa desa Kecamatan Ambal dan Petanahan Kebumen. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s