Disayangkan, Betonisasi Tanpa Drainase

betonisasi

KEBUMEN – Sejumlah badan jalan yang rusak berat di poros jalan  Sruni – Wonosari Kecamatan/Kabupaten Kebumen adalah akibat banjir tahunan. Mengingat hal itu Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kebumen  memutuskan untuk melapisinya dengan beton dalam rehab jalan Sruni – Wonosari  sepanjang 8 kilometer lebih yang dimulai Juni 2015 lalu.

Sayangnya pelapisan beton di badan jalan yang rusak berat itu tak semuanya  disertai dengan pembuatan drainase di samping kiri dan kanan badan jalan,  seperti di dua bagian badan jalan Desa Roworejo dan Tanahsari Kecamatan Kebumen.  Rehab jalan di dua tempat itu hanya dilakukan dengan pemasangan lapisan beton  saja tanpa ada drainase.

Melihat pengerjaan rehab jalan tanpa drainase itu warga sekitar pun cemas  akan kemungkinan melimpahnya air banjir ke halaman rumah dan areal  pesawahan milik warga. Mengingat, pelapisan beton berakibat permukaan jalan  menjadi lebih tinggi dibandingkan permukaan tanah di sekitarnya.

“Padahal fungsi drainase adalah sebagai penampung air banjir, sehingga banjir yang melimpah ke tempat kami nantinya bisa dikurangi,” ujar Thoyib,  warga Dukuh Karangsambung Desa Tanahsari, Rabu (26/08/2015).

Dalam rehab ruas jalan Sruni – Wonosari tersebut pelapisan beton disertai pembuatan drainase hanya dilakukan di Dukuh Kedungbajul  Desa Bojongsari   Kecamatan Alian  Kebumen yang berdekatan dengan pemukiman warga, pertokoan, sekolah dan kantor desa. Sepanjang 100 meter badan jalan di tempat itu rusak  berat akibat terjangan banjir Kali Kedungbener.  (Dwi/ KRjogja.com  /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s